CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Tips Mencegah Mata Cepat Lelah saat Menggunakan Gadget

By Isny Dewi R

01 July 2020

Cara mencegah ketegangan mata saat menggunakan gawai.

Photo source: Pixabay
 
 
Meski saat ini sudah banyak masyarakat yang kembali bekerja di kantor, namun, masih ada sebagian lainnya yang memilih untuk tetap bekerja dari rumah atau work from home sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19.
 
Sayangnya, banyak masyarakat yang tidak memperhatikan betapa pentingnya menjaga kesehatan mata saat WFH. Ruang kantor cenderung memiliki furnitur dan pencahayaan yang lebih baik daripada pengaturan WFH yang terkesan seadanya. Namun, ada banyak cara mudah untuk mencegah ketegangan mata. Dilansir dari NDTV, berikut cara mencegah ketegangan mata saat menggunakan gawai seperti laptop atau smartphone.
 
1. Perhatikan Postur Tubuh
Menurut American Safety and Health Association, cara Anda duduk bisa menjadi alasan di balik mata Anda yang cepat lelah. Sebelum mencari solusi perangkat lunak atau perangkat keras untuk menyelesaikan masalah Anda, periksa apakah postur tubuh Anda sudah benar. Dalam banyak kasus, layar berada di atas atau di bawah level mata, dan itu adalah postur yang salah.
 
Jika Anda menjulurkan leher atau membungkuk untuk melihat layar, itu akan membuat mata cepat. Coba gunakan dudukan laptop atau setumpuk buku untuk menaikkan layar setinggi mata. Jika layar berada di atas ketinggian mata, coba angkat kursi Anda untuk menyamakan posisi mata dengan layar.
 
2. Aturan 20-20-20
Aturan 20-20-20 cukup efektif untuk mengurangi ketegangan mata. Sederhananya, setelah setiap 20 menit melihat layar, lihatlah sebuah objek yang setidaknya berjarak 20 kaki selama 20 detik.
 
3. Kurangi Cahaya Biru
Menurut Vision Council, salah satu kelompok produsen dan pemasok terbesar dalam industri optik, cahaya biru adalah salah satu penyebab kelelahan mata digital. Untuk membuat monitor Anda ramah mata, Anda dapat masuk ke pengaturan dan memilih berbagai opsi untuk mengurangi ketegangan mata.
 
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur kecerahan dan kontras ke tingkat yang nyaman. Jika tempat kerja Anda tidak memiliki banyak cahaya alami, maka Anda mungkin ingin mengurangi cahaya biru pada layar Anda untuk memberikan mata Anda beberapa bantuan yang sangat dibutuhkan. Anda dapat melakukan ini secara manual dengan mengubah pengaturan tampilan Anda, tetapi itu tidak untuk semua orang.
 
Langkah selanjutnya adalah mengurangi cahaya biru dari tampilan untuk mengurangi ketegangan mata. Ini paling efektif ketika Anda bekerja di bawah cahaya buatan, dan tidak disarankan bagi mereka yang bekerja di kamar dengan banyak cahaya alami.
 
- Cara Mengurangi Cahaya Biru di Android
Anda dapat membuka Settings > Display, lalul ketuk Night Light. Di sinilah Anda dapat mengatur berapa lama Anda ingin tampilan smartphone memotong cahaya biru dan menyesuaikan suhu warna jika diperlukan.
 
Perhatikan bahwa fitur ini mungkin tidak tersedia dengan nama yang sama di berbagai versi khusus Android, di mana ia dapat disebut Reading Mode, Night Mode, Eye Care, Night Shield, dan lain sebagainya. Pastikan untuk memeriksa pengaturan tampilan ponsel Anda secara menyeluruh untuk menemukan ini pilihan ini.
 
- Cara Mengurangi Cahaya Biru di iOS
Di iOS Anda dapat pergi ke Settings > Display & Brightness, lalu ketuk Night Shift. Di sini Anda dapat menjadwalkannya sesuai dengan preferensi Anda dan menyesuaikan suhu warna juga.
 
- Cara Mengurangi Cahaya Biru di macOS
Klik logo Apple di kiri atas layar (ada di bilah atas), lalu klik Display. Klik tab Night Shift dan pilih durasi yang Anda inginkan untuk memotong cahaya biru. Anda juga dapat memilih seberapa hangat atau dingin suhu warna yang nyaman untuk mata Anda.
 
- Cara Mengurangi Cahaya Biru di Windows
Buka Start Menu, lalu klik ikon roda gigi di sisi kiri. Klik System dan kemudian Display, kemudian aktifkan Night Light. Di sini Anda dapat menyesuaikan jadwal dan suhu warna. Jika versi Windows Anda tidak memiliki fitur ini, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan mengunduh aplikasi seperti Flux.
 
4. Hardware
Meskipun solusi yang disebutkan di atas cukup baik untuk sebagian besar situasi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli gadget dengan layar anti-silau untuk mengurangi ketegangan pada mata. Atau bisa juga membeli sendiri pelapis layar anti-silau.
 
Jika Anda menggunakan perangkat dengan layar reflektif, Anda mungkin mengalami kesulitan untuk melihat layar Anda jika menghadap cahaya. Filter anti-silau dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut.
 
Anda juga bisa mengunjungi dokter mata dan membeli kacamata anti-silau. Beberapa merek juga membuat kacamata yang seharusnya sangat membantu untuk "sindrom penglihatan komputer".

Share this article?

MUST SEE