CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Tips Mendapatkan Barang Berkualitas saat Thrifting

By Eskanisa R

19 January 2021

Agar mendapatkan hasil yang memuaskan terutama bagi pemula.

Sumber foto: Secretnyc

Sempat ramai diperbincangkan oleh pengguna Twitter, istilah thrifting mungkin terdengar tidak asing bagi Anda. Thrifting sendiri artinya berbelanja barang bekas di pasar loak, toko barang bekas atau garage sale yang kondisinya masih laik pakai dengan harga murah. Selain menghemat pengeluaran, thrifting juga membantu mengurangi limbah tekstil yang mendominasi tumpukan sampah di dunia.
 
Untuk menemukan pakaian yang masih laik saat thrifting tentu bukan perkara mudah. Oleh sebab itu, kami akan membagikan panduan sederhana agar kalian yang tertarik menjajal thrifting bisa mendapatkan barang-barang berkualitas.

1. Jangan Malas Mencari
Jika belum menemukan pakaian yang Anda inginkan, jangan langsung menyerah. Periksa setiap sudut dengan saksama. Sebab, tidak jarang pakaian yang berkualitas tersimpan di tempat yang tidak terduga. Meski demikian, tetap beli sesuai dengan kebutuhan, karena harga yang murah tentu membuat kalap. Jangan sampai menyesal karena membeli terlalu banyak namun tidak terpakai. Ingat kembali pakaian apa saja yang Anda miliki di rumah, yang bisa dipadupadankan dengan pakaian pilihan saat thrifting agar tidak melebihi bujet.

2. Periksa dengan Teliti
Periksa semua sisi pakaian yang akan Anda beli termasuk kerah (untuk kemeja), kancing, ritsleting, dan sebagainya. Selain jahitan, penting untuk memeriksa apakah ada noda pada pakaian tersebut atau tidak. Sebab, ada beberapa jenis noda yang memang tidak dapat hilang meski sudah dicuci berkali-kali, seperti noda tinta (pulpen).

3. Jangan Terkecoh Merek
Bagi yang mementingkan merek pakaian, harus ekstra hati-hati saat thrifting. Pasalnya, tidak sedikit barang-barang bermerek palsu yang akan dijumpai. Meski membedakan merek asli dan palsu tidak mudah, Anda bisa mengecek beberapa bagian seperti logo, ristleting, kancing, jahitan, dan pola (khusus untuk bahan kulit).   

Share this article?

MUST SEE