CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Tips Menjadi Social Media Buzzer

By Eskanisa R

07 December 2020

Tertarik mencoba?

Sumber foto: Pixabay

Di zaman seperti ini dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, apa saja bisa menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan. Tidak terkecuali barang dan jasa yang gencar ditawarkan secara daring. Bermodal gawai dan koneksi internet, masyarakat bisa menawarkan produk atau keahliannya di bidang tertentu untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.
 
Nah, profesi satu ini erat kaitannya dengan teknologi. Pernah mendengar istilah social media buzzer? Sebagai pengguna media sosial, Anda pasti pernah menemukan akun yang memperkenalkan produk, jasa atau merek agar semakin dikenal banyak pengguna media sosial sehingga mereka tertarik atau setidaknya penasaran. Orang yang menjalankan akun tersebut disebut sebagai buzzer.
 
Singkatnya, seorang buzzer harus aktif di berbagai media sosial untuk memengaruhi orang lain untuk aware terhadap suatu produk, jasa, merek, bahkan tokoh tertentu. Meski terdengar mudah, namun buzzer memiliki kiat tersendiri agar dapat memengaruhi orang lain.
 
Pertama, kemampuan berkomunikasi. Agar informasi dan pesan yang ingin disampaikan bisa memengaruhi orang lain, Anda harus mahir dalam mengolah kata, terutama jika menggunakan medium artikel. Namun, jika Anda lebih tertarik menggunakan visualisasi, maka Anda juga harus mahir dalam berbicara.
 
Kedua, kreatif. Selain memastikan informasi dan pesan tepat sasaran, kreativitas juga dibutuhkan dalam membuat konten untuk menunjukkan keunikan dan kemampuan Anda menggiring orang lain untuk membaca, melihat atau ikut berkomentar seputar konten yang Anda bagikan. Meski dituntut kreatif, bukan berarti Anda bisa menghalalkan segala cara. Jangan asal membuat dan membagikan konten jika tidak memahami pesan dan informasi yang ingin disampaikan. Sebarkan konten positif tanpa dibumbui misinformasi.
 
Terakhir, jadilah buzzer yang bertanggung jawab. Memiliki jumlah pengikut yang banyak serta kemampuan untuk memengaruhi orang lain merupakan tanggung jawab besar yang harus diemban seorang buzzer.
 
Sebagai buzzer yang bertanggung jawab, Anda harus cermat dalam mendukung atau memilih suatu campaign atau produk. Gali informasi lebih dalam sebelum memutuskan mengambil proyek buzzer yang ditawarkan. Jangan sampai asal pilih hanya karena tergiur fee yang diberikan. Usahakan agar proyek yang Anda setujui tidak merugikan orang lain.
 
 

Share this article?

MUST SEE