CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Tips Nyaman Menggunakan Masker saat Cuaca Panas

By Isny Dewi R

05 August 2020

Tips dari para dokter yang bisa Anda terapkan agar terasa lebih nyaman saat memakai masker di cuaca panas.

Photo source: Pexels
 
 
Selama pandemi COVID-19 belum berakhir, pemerintah mewajibkan masyarakat mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Memang menggunakan masker memberikan rasa tidak nyaman, tapi tetap harus dilakukan untuk mencegah penularan virus corona.
 
Melansir Refinery 29, Nate Favini, MD, pemimpin medis di Forward, layanan medis pramutamu, pun mengakui rasa tidak nyaman saat menggunakan masker. "Masker memang tidak nyaman, terutama saat cuaca panas dan lembap. Terasa mengganggu, dan menurutku kita tidak harus berpura-pura kalau itu tidak benar. Saya berempati, tapi bukan berarti memakai masker bukan lah hal yang penting," tuturnya.
 
"Sampai kita punya vaksinnya, masker adalah pertahanan terbaik kita melawan virus," ujar Natasha Bhuyan, MD, Direktur Medis Regional di One Medical.
 
Agar terasa lebih nyaman saat memakai masker di cuaca panas, berikut tips dari para dokter yang bisa Anda terapkan, dihimpun dari Refinery 29.
 
1. Pilih Masker yang Memudahkan Anda Bernapas
Pilih lah yang memiliki lebih banyak struktur daripada yang rata di mulut. Masker berbentuk duckbill atau yang memiliki moncong akan memberikan lebih banyak ruang ketimbang masker berbentuk datar.
 
Tetapi Dr. Favini memperingatkan bahwa semakin mudah masker untuk bernapas, semakin sedikit perlindungan yang diberikan. Jadi, jika Anda sedang berada di dalam ruangan atau di sekitar orang lain, kenakan masker yang lebih efektif, bahkan jika itu terasa kurang nyaman saat dipakai.
 
2. Pilih Bahan yang Tepat
Ini sangat penting jika Anda mendapatkan ruam panas karena penggunaan masker. "Pertimbangkan kain yang baik alami, seperti katun, atau kain sintetis yang menghilangkan keringat, seperti kain yang biasa digunakan untuk pakaian olahraga," kata Ted Lain, MD, dokter kulit dan kepala petugas medis di Sanova Dermatology.
 
"Rekomendasi terbaru adalah menggunakan beberapa lapis kain untuk menghasilkan pelindung yang paling efektif terhadap virus, jadi daripada menggunakan katun yang tebal, pertimbangkan kain katun yang lebih tipis tetapi melapisinya."
 
3. Bawa Cadangan
Masker yang berkeringat akan menimbulkan bau. Jadi, bawa masker cadangan di tas Anda. Dengan begitu jika masker yang Anda gunakan sudah berkeringat, Anda bisa menggantinya.. Ini bisa membuat Anda lebih nyaman, dan mencegah timbulnya jerawat.
 
"Berkeringat dan kelembaban di daerah masker tentu dapat menyebabkan dermatitis, atau bahkan jerawat," kata Dr. Lain. Bawa masker cadangan dalam kantong plastik yang bersih dan dapat disegel agar tidak terkena kuman apa pun sebelum Anda menggunakannya.

Share this article?

MUST SEE