CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Tips untuk Milenial yang Ingin Membeli Rumah

By Isny Dewi R

09 December 2019

Tips membeli rumah tanpa mengganggu tujuan finansial lainnya.

Tak sedikit generasi milenial yang merasa galau setelah memutuskan membeli rumah. Beberapa hal yang membuat mereka stres biasanya kekhawatiran akan sulitnya mencapai tujuan finansial. Misalnya, khawatir tidak dapat menabung atau memenuhi kebutuhan hidup yang lain seperti membayar keperluan sekolah anak.

Bagi para milenial, membiayai sekolah anak hingga ke perguruan tinggi adalah prioritas utama. Sayangnya, biaya kepemilikan rumah membuat tujuan ini jadi sulit diwujudkan. Jika Anda memiliki tabungan rencana pendidikan, maka otomatis akan menjadi utang yang harus dilunasi dengan cicilan tiap bulannya.

Maka tak heran jika dampak membeli rumah atau mencicil rumah dapat memengaruhi tujuan keuangan jangka panjang. Tapi ada beberapa strategi yang bisa Anda terapkan, agar membeli rumah tidak menjadi beban untuk Anda. Berikut tiga tips membeli rumah tanpa mengganggu tujuan finansial lainnya.

1. Pertimbangkan Lokasi Rumah
Jika Anda ingin membeli rumah, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan lokasi rumah. Pilihlah lokasi yang agak jauh dari perkotaan, tetapi memiliki akses yang mudah menuju rumah sakit, sekolah, sarana transportasi umum, dan sarana-sarana penting lainnya. Lokasi rumah yang jauh dari perkotaan biasanya mematok harga yang tidak terlalu mahal. Selain itu, pertimbangkan juga untuk membeli rumah subsidi dari pemerintah atau perumahan dengan biaya yang cukup ringan.

2. Pembayaran Awal yang Tinggi
Membeli rumah dengan sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR) banyak diminati generasi milenial saat ini. Namun, untuk mengurangi beban cicilan, ada baiknya Anda meningkatkan nilai pembayaran di awal. Maka dari itu, siapkanlah anggaran yang banyak untuk memaksimalkan pembayaran di awal. Dengan begitu, proses pembayaran cicilan, bunga, pajak, dan biaya lain ke depannya tidak terlalu tinggi.

3. Investasikan Rumah
Jika Anda sudah melunasi cicilan rumah, maka cara terbaik agar aset tetap berputar adalah dengan menginvestasikan rumah. Selain mendapatkan selisih dari nilai investasi, nominal selisih ini bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi tujuan finansial Anda di masa mendatang. Semoga sukses!

Image by pixabay.com/users/nattanan23

Share this article?

MUST SEE