CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Twitter Bakal Rilis Birdwatch untuk Lawan Misinformasi

By Isny Dewi R

20 October 2020

Twitter sedang mengembangkan fitur Birdwatch, yang dapat membuat para pengguna dapat saling memperingatkan tentang tweet menyesatkan (misinformasi).

Photo source: Pexels
 
 
Belum lama ini, Twitter telah mengonfirmasi bahwa mereka sedang mengembangkan fitur baru bernama "Birdwatch," yang dapat membuat komunitas Twitter saling memperingatkan tentang tweet menyesatkan (misinformasi) yang bersifat merugikan.
 
Sebuah cuitan bisa dimasukkan ke Birdwatch dan nantinya akan ditandai untuk moderasi. Akan ada juga ikon teropong kecil pada cuitan yang diunggah. Saat ikon tersebut diklik, pengguna akan diarahkan ke bagian di mana mereka dapat melihat riwayat catatan cuitan.
 
Melansir Antara, tab baru bernama Birdwatch Notes akan ditambahkan ke menu navigasi pada akun Twitter yang memuat Lists, Topics, Bookmarks, dan Moments. Lewat fitur ini, pengguna dapat mengecek kontribusi mereka dalam memerangi misinformasi. Konteks tambahan pun akan terbuka untuk umum.
 
Sayangnya, hingga saat ini belum diketahui apakah semua pengguna Twitter akan mendapatkan akses ini atau tidak. Atau, apakah penambahan konteks memerlukan persetujuan terlebih dulu atau hanya untuk pengguna tertentu.
 
Beberapa bulan terakhir ini, Twitter telah mengambil sikap tegas terhadap cuitan yang menyesatkan, hoaks, atau bersifat menghasut. Dalam unggahannya belum lama ini, Twitter menyatakan akan segera meluncurkan fitur peringatan kepada semua penggunanya untuk membaca artikel sebelum me-retweet.

Share this article?

MUST SEE