CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Usaha Minim Modal yang Menjanjikan di Tahun 2021 Menurut Sri Mulyani

By Eskanisa R

14 January 2021

Agar kondisi finansial membaik, jajal usaha online ini.

Sumber foto: Argos

Sejak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan dunia tengah menghadapi pandemi COVID-19, tidak sedikit usaha yang terpaksa harus gulung tikar. Tidak sedikit pula masyarakat yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Di tengah ketidakpastian ini, Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan memberikan referensi usaha yang bisa dijadikan sumber pendapatan baru di tahun 2021, dilansir dari finance.detik.com.

1. Kuliner
Menurut Sri Mulyani, usaha kuliner sebenarnya tidak menurun, hanya butuh inovasi baru sesuai dengan protokol kesehatan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis kuliner, salah satunya adalah kreativitas dalam memilih jenis makanan yang akan dijual atau sesuai dengan keinginan masyarakat.

Selain itu, pemasaran juga memegang peranan penting untuk bisa bertahan di tengah persaingan bisnis kuliner terutama di masa pandemi ini. Terlebih era digital yang melesat cepat, di mana banyak platform media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan brand awareness dan promosi seperti TikTok, Instagram, Facebook, Twitter atau YouTube. 

2. Event Organizer
Layanan jasa profesional untuk menyelenggarakan sebuah acara baik dalam skala kecil maupun besar juga dianggap mampu dalam memberikan suasana baru untuk memenuhi keinginan masyarakat akan kehidupan normal.
 
Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya konser hingga fan meeting yang dilakukan serentak secara daring. Sebagai penyelenggara, Anda harus bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru di tengah pandemi. Dengan memanfaatkan aplikasi komunikasi video atau pun melakukan siaran langsung dari media sosial seperti Instagram, Facebook, dan YouTube, Anda bisa menjangkau lebih banyak orang. 

3. Pelatihan Daring
Pelatihan daring pun dianggap bisa tumbuh pesat sepanjang 2021. Melansir coachingindonesia.com, pelatihan ditujukan untuk penguasaan pengetahuan dan kecakapan di bidang tertentu seperti parenting, job and career, confidence building, mindfulness dan masih banyak lagi.
 

Share this article?

MUST SEE