CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Waspada Tindak Kejahatan yang Meningkat, Ini Cara Sederhana untuk Melindungi Diri

By Eskanisa R

26 January 2021

Beberapa langkah untuk pencegahan agar tidak menjadi korban kejahatan.

Sumber foto: Rutherford Source

Bukan rahasia lagi jika pandemi di Indonesia berdampak di semua aspek kehidupan yang kemudian dimanfaatkan oleh orang-orang tak bertanggungjawab untuk melakukan tindak kejahatan. Guna memastikan aktivitas di luar maupun dalam rumah aman dan terhindar dari aksi kejahatan, berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri.

1. Kunci Rumah
Saat beraktivitas di dalam rumah, pastikan pintu dan jendela terkunci rapat. Menurut Founder LifeShield Home Security, kebanyakan pencuri melakukan aksinya melalui pintu utama dan bisa menggasak harta di dalamnya hanya kurang dari 15 menit. Jadi, pastikan Anda mengunci pintu dan jendela rumah meskipun berada di dalam. Bila memungkinkan, pasang teralis di pintu dan jendela untuk perlindungan ekstra.

2. Jangan Sibuk Main Ponsel
Terutama di beberapa daerah yang memang terkenal rawan, jarang dilewati orang dan gelap, jangan mengeluarkan barang berharga seperti ponsel. Sebab, konsentrasi Anda akan teralihkan dan mengakibatkan kurang waspada terhadap sekitar. Perilaku seperti inilah yang kemudian membuat para pelaku kejahatan mengincar Anda.

3. Waspada di Tempat Parkir
Jangan pernah membuka mobil (menekan remote) ketika jarak Anda masih jauh dari mobil. Hal ini banyak dilakukan oleh pemilik yang lupa di mana ia memarkirkan kendaraannya. Ada baiknya untuk mencatat di notes atau mengambil gambar agar tidak lupa. Sesaat sebelum masuk ke area parkir, buka kembali notes atau gallery dan tekan remote setelah berada di depan mobil. Ketika di dalam mobil, langsung jalankan kendaraan dan pergi, jangan mengecek ponsel, membuka tas atau melakukan hal lain yang membuat Anda kurang waspada.

4. Bela Diri
Mengikuti kursus bela diri tentu menjadi nilai plus agar dapat waspada dan melindungi diri. Namun, bukan berarti yang sudah mengikuti kursus bela diri tidak bisa panik saat dihadapi pada situasi-situasi mencekam. Bila Anda dihadapi dengan situasi tersebut dan panik, jangan langsung menyerahkan barang berharga seperti tas, ponsel atau perhiasaan. Lempar jauh-jauh apapun barang berharga yang diincar oleh pelaku kejahatan, jika memang itu sasarannya, pelaku akan fokus mengejar dan tidak melukai.
 
Anda juga bisa membawa alat semprot mata, menyimpannya di tempat yang mudah dijangkau jika dihadapi dengan situasi mencekam, menyemprotkan ke wajah pelaku agar (pelaku) tidak berdaya.

5. Jangan Mudah Percaya Orang Lain
Saat ini, tidak sulit bagi pelaku kejahatan untuk mengalihkan korbannya dengan berbagai cara, mulai dari mengenakan atribut (seragam) petugas tertentu, cerita-cerita sedih, bahkan menghipnotis lewat telepon.
 
Waspada, waspada, dan waspada. Jangan biarkan pikiran Anda kosong atau terpecah konsentrasinya. Jika memungkinkan, selalu minta ditemani ke manapun Anda pergi. Sebab, pelaku kejahatan biasanya memilih korban yang pergi seorang diri.

Share this article?

MUST SEE