CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo
FYI

Yang Harus Dipersiapkan selama Menjalani New Normal

By Eskanisa R

03 June 2020

Mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk menghadapi new normal selama pandemi COVID-19.

Sumber foto: Pixabay

Usai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pemerintah akan menerapkan new normal di beberapa wilayah, salah satunya di Jakarta. New Normal sendiri merujuk pada sebuah kondisi atau perubahan perilaku masyarakat untuk tetap menjalankan aktivitas normal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19. Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan agar dapat beraktivitas dengan aman selama new normal?

1. Daya Tahan Tubuh
Hal pertama yang harus dipersiapkan saat memasuki fase new normal adalah kesehatan fisik. Agar tubuh tidak rentan terserang berbagai penyakit termasuk COVID-19, Anda perlu menjaga daya tahan tubuh. Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan sehat dan vitamin, khususnya vitamin C, serta jangan lupa istirahat yang cukup, dan rajin berolahraga.

 2. Alat Keselamatan Diri
Selama New Normal, Anda diwajibkan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Usahakan juga untuk selalu membawa masker cadangan. Jika perlu, bawa juga sarung tangan. Selain masker, Anda juga harus mempersiapkan ‘alat keselamatan diri’ lainnya seperti mengenakan jaket dan membawa helm sendiri, jika harus menggunakan jasa ojek online. Bila harus kembali bekerja, pastikan Anda membawa botol minum, tempat, dan alat makan sendiri dari rumah. Bagi umat muslim, usahakan untuk membawa perlengkapan salat sendiri (mukena, sarung, dan sajadah) untuk menghindari penularan virus. Terakhir yang tak kalah penting, bawalah selalu hand sanitizer, agar memudahkan Anda mencuci tangan jika tidak ada sabun dan air. Usahakan untuk tidak menyentuh wajah sebelum mencuci tangan dan sesegera mungkin mencuci tangan setelah memegang permukaan atau barang.

3. Jaga Jarak dan Hindari Kontak Fisik
Saat kembali beraktivitas di luar rumah, usahakan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain. Anda juga harus membatasi kontak fisik seperti berjabat tangan atau berpelukan. Selain itu, dianjurkan untuk tidak berkumpul atau berkerumun. Pastikan rutin mencuci tangan selama berada di luar rumah.


Share this article?

MUST SEE