CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Yang Menarik tentang Sepeda Kreuz, 'Brompton' asal Bandung

By Isny Dewi R

13 September 2020

Kreuz merupakan merek sepeda lokal yang sedang ramai diperbincangkan lantaran kualitas dan bentuknya mirip Brompton (produsen sepeda lipat asal London).

Photo source: @kreuz.indonesia
 
 
Selama pandemi COVID-19, bersepeda menjadi kegiatan favorit masyarakat. Selain menyehatkan, sepeda juga dianggap menjadi alat transportasi yang aman dari penularan virus corona.
 
Ada berbagai merek sepeda yang bisa digunakan. Namun, saat ini ada satu merek sepeda lokal yang tengah menjadi buah bibir di kalangan penggemar sepeda. Ialah Kreuz, produsen sepeda lipat asal Bandung, Jawa Barat. Bahkan Presiden Jokowi sempat mengunggah foto dirinya tengah menggunakan sepeda Kreuz.
 
Sebelumnya, sepeda lokal ini ramai diperbincangkan lantaran dinilai menyerupai Brompton (produsen sepeda lipat asal London). Saking banyaknya peminat sepeda lipat Kreuz, sampai-sampai untuk pre-ordernya sudah full hingga tahun 2023. Lantas, apa yang membuat sepeda ini begitu diminati? Berikut hal-hal menarik seputar sepeda lipat Kreuz:

1. Mirip Brompton
Melansir Kompas.com, salah satu pemilik Brompton biru-black edition M6R keluaran tahun 2017, Olan (48), mengisahkan bahwa sepeda miliknya sempat dikira sepeda Kreuz oleh orang lain. Ia bercerita, saat dirinya hendak melipat roda belakang Brompton-nya, ia dihampiri oleh seseorang dan bertanya apakah sepedanya merupakan Kreuz terbaru.
 
2. Proses Handmade
Pendiri Kreuz, Yudi Yudiantara (50) dan Jujun Junaedi (37) mengaku ketertarikan mereka pada sepeda Brompton lantaran sepeda tersebut memiliki tiga lipatan. Mereka lantas terinsipirasi untuk membuat sepeda yang memiliki fungsi sama namun dengan harga yang lebih murah. Mereka lalu mengotak-atik Brompton milik teman mereka untuk menciptakan prototipe pertama sepeda Kreuz dengan fungsi semirip mungkin.
 
Semua pengerjaan sepeda Kreuz dilakukan handmade dengan melibatkan banyak indutri kecil, mulai dari tukang bubut, hingga tukang cetak plastik, dengan bahan baku dalam negeri. Adapun spare part, Yudi mengungkapkan bahwa spare part Kreuz juga dapat digunakan untuk sepeda Brompton.
 
3. Harga Cukup Murah
Banyak masyarakat yang menginginkan sepeda Kreuz lantaran harga yang dibanderol lebih murah. Harga frame set Kreuz berkisar Rp 3,5 juta. Harga tersebut tentu jauh lebih murah dibanding Brompton yang dijual sekitar Rp 30 juta. Sementara, untuk full bike sepeda Kreuz dipatok Rp 8 juta. Untuk memesan ‘Brompton’ asal Bandung ini, calon pembeli dapat menghubungi Kreuz lewat WhatsApp dan membayar uang muka 50 persen.
 
4. Dipesan Presiden Jokowi
Kualitas sepeda Kreuz bahkan sampai ke telinga Presiden Jokowi. Orang nomor satu di Indonesia itu memboyong dua sepeda Kreuz, untuk dirinya dan Iriana, istri Jokowi. Menurut akun Instagram @kreuz.pannier, rangka sepeda tersebut diberi nomor frame 0001. Di sepeda tersebut juga dibubuhi tulisan "Made in Bandung, Indonesia". Sementara rangka sepeda milik Iriana tertera nomor frame 0002.
 
Photo source: Instagram @jokowi

Share this article?

MUST SEE