CheckInJakarta Logo CheckInJakarta Logo

Yuk, Tingkatkan Kemampuan Memasak dengan Langkah Ini

By Eskanisa R

29 September 2020

Memasak di masa pandemi jadi lebih menyenangkan.

Sumber foto: freepik

Hobi baru apa yang Anda lakukan untuk mengisi banyak waktu luang selama pandemi? Membaca, berkebun, atau memasak? Penelitian menunjukkan bahwa memasak memiliki segudang manfaat, salah satunya baik untuk kesehatan mental.
 
Saat ini, resep kreatif dapat dengan mudah Anda temukan di internet. Bahkan, dengan bahan seadanya, Anda bisa membuat masakan lezat yang disukai seluruh keluarga. Untuk meningkatkan kreativitas dalam mengolah bahan makanan, berikut cara sederhana tingkatkan kemampuan masak yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Berlatih
Berangkat dari istilah “Semakin diasah, pisau akan semakin tajam”, begitu pun dengan kemampuan Anda dalam memasak. Semakin sering memasak, maka hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan dalam mengolah bahan, mencicipi, dan hal penting lain dalam membuat sebuah hidangan.
 
Tidak mesti terpaku pada resep yang sama. Sebab, meski sudah mengikuti resep yang sedemikian detail, kadang hasilnya juga berbeda-beda setiap waktu. Menurut penulis Taste & Technique, chef Naomi Pomeroy, hidangan akhir tergantung banyak variable yang membutuhkan latihan.

2. Alat yang Mumpuni
Dalam memasak, seseorang memerlukan alat-alat standar yang bekerja dengan baik. Sebagai contoh, untuk meningkatkan kemampuan memotong sayur, daging, dan bumbu masak, tentu akan lebih cepat jika menggunakan pisau yang tajam. Tidak perlu membeli yang mahal, setidaknya memiliki kualitas yang baik. Dengan begitu, Anda tidak akan membuang-buang waktu dan kemampuan pun ikut meningkat.

3. Mengenal Teknik Dasar
Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kecelakaan saat memasak. Sebagai contoh, Anda harus mengetahui posisi tangan atau jari yang benar saat mengupas bawang, memotong ayam, atau mencincang daging, untuk menghindari kemungkinan tangan atau jari terluka.
 
Selain itu, mengenali setiap bahan makanan sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan memasak. Mulai dari karakter setiap bahan, cara menyimpan hingga cara mengolah agar dapat menyesuaikan resep dan teknik memasak untuk masing-masing bahan.
 
Misalnya saja, untuk memastikan ayam goreng matang sempurna (bakteri Salmonella penyebab tifus ditemukan pada daging ayam yang belum matang sempurna), maka Anda harus memperhatikan volume api saat memasak. Pastikan minyak yang digunakan dapat merendam seluruh bagian ayam dan cukup panas sebelum ayam digoreng.
 
Jika ukuran ayam cukup besar, disarankan untuk mengungkepnya terlebih dahulu sebelum digoreng. Atau jika ayam masih dalam keadaan beku sebelum digoreng, diamkan selama beberapa saat pada suhu ruang agar saat digoreng matangnya merata.
 

Share this article?

MUST SEE