< Technology

10 Aplikasi Penyebab Baterai Android Boros

10 Aplikasi Penyebab Baterai Android Boros

Technology

Anda merasa baterai smartphone Android Anda cepat habis? Jangan curiga dulu terhadap bocornya baterai Anda. Mungkin aplikasi yang Anda install di smartphone Anda menjadi penyebab borosnya baterai. Menurut software keamanan AVG, ada 10 aplikasi yang menyebabkan baterai cepat habis. Check it out!

1. Facebook
Aplikasi yang satu ini pastinya hampir dimiliki oleh setiap orang karena kini hampir setiap orang memiliki akun Facebook. Akun ini menghabiskan daya baterai karena terus menerus melakukan sync pada timeline Anda agar selalu ter-update. Untuk mengatasinya, Anda bisa menonaktifkan auto sync atau auto update pada akun Anda. Atau langsung saja sign out pada aplikasi tersebut agar lebih irit baterai. 

2. Google Play Services
Google Play Services menjadi aplikasi utama untuk mengunduh aplikasi baru ataupun meng-update aplikasi Anda ke versi terbaru. Aplikasi ini seringkali memberikan notifikasi untuk meng-update aplikasi sehingga mempengaruhi daya baterai dan kapasitas penyimpanan smartphone Anda. Kemudian jika Anda langsung mengunduh, otomatis daya baterai Anda ikut tersedot juga. 

3. Facebook Pages Manager
Aplikasi ini digunakan untuk mengatur Facebook Page di mana Anda menjadi admin. Aplikasi ini akan memberikan notifikasi bila ada perkembangan pada page Anda mulai dari comment, like, dan juga data analisis. Tentu saja adanya notifikasi ini akan menyedot baterai smartphone Anda. 

4. BlackBerry Messenger (BBM)
Karena kini aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) bisa lintas platform, ternyata aplikasi ini cukup membuat baterai boros karena terus me-refresh pesan yang akan masuk ke smartphone Anda dan memberikan push notification.  

5. Instagram
Karena aplikasi ini menampilkan gambar-gambar atau foto yang ada di timeline, sehingga aplikasi ini tak hanya menyedot baterai lebih banyak namun juga paket data Anda. Agar lebih irit baterai, Anda bisa sign out dari akun Anda dan pakailah saat diperlukan saja. Atau bisa dengan menggunakan koneksi Wi-Fi.

6. Facebook Messenger
Sama seperti BBM, Facebook Messenger juga terus me-refresh pesan yang akan masuk dan memberikan push notification untuk pesan baru Anda yang bisa membuat baterai boros. 

7. Snapchat
Karena konten dari aplikasi ini berbentuk foto dan video, tentunya akan lebih menguras baterai saat digunakan. Saat Anda menggunakannya pun kamera smartphone Anda akan aktif, sehingga akan lebih memakan daya baterai smartphone Anda. 

8. Samsung ChatOn
Aplikasi instant messaging selalu menguras baterai, salah satunya adalah produk dari merek Samsung ini. Aplikasi untuk chatting sesama pengguna Samsung ini turut memakan daya baterai Anda ketika digunakan. 

9. LINE: Free Calls & Messages
Sudah bisa dilihat melalui Google Play Services bahwa aplikasi LINE menyita banyak memori smartphone Anda. Aplikasi yang memakan banyak memori akan menghabiskan baterai juga. Apalagi konten LINE yang memiliki stiker audio dan animasi, ditambah push notifications untuk pesan baru. 

10. Netflix
Karena konten Netflix yang berisi video, tentunya saat Anda menonton Netflix di smartphone akan memakan banyak baterai karena terus menerus loading video yang ingin Anda tonton. Gunakan koneksi Wi-Fi agar lebih irit baterai dan juga paket data.