< Tips

10 Cara Mengawali Hari Senin Agar Lebih Bersemangat

10 Cara Mengawali Hari Senin Agar Lebih Bersemangat

Tips

Kebanyakan orang kantoran atau yang sudah bekerja pasti pernah merasakan malas saat mengawali minggu (baca: hari Senin). Karena membutuhkan 5 hari ke depan untuk 'sampai' pada akhir pekan. Belum lagi kalau di minggu tersebut dipenuhi dengan jadwal yang padat disertai pekerjaan yang menumpuk. Pasti akan mempengaruhi mood seseorang untuk memulainya. Tapi tenang dulu, hari Senin akan terasa lebih menyenangkan apabila diawali dengan cara-cara berikut ini:

1. Olahraga di Pagi Hari
Awalilah hari Anda dengan berolahraga di pagi hari. Selain bisa mengumpulkan ”nyawa” Anda untuk memulai hari Senin, olahraga juga meyehatkan tubuh. Selain itu, olahraga juga melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga Anda akan lebih segar.

2. Sarapan Makanan Berlemak
Jangan pernah melewati sarapan karena penting bagi kesehatan dan juga meningkatkan kefokusan. Untuk memulai hari, cobalah Anda mengonsumsi makanan berlemak seperti ikan, telur, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan makanan yang mengandung Omega-3. Dalam sebuah studi yang ditulis oleh Journal of Clinical Investigation menunjukkan, apabila seseorang mengonsumsi makanan berlemak akan membuat efek nyaman, serta membuat seseorang terhindar dari emosi dan perasaan negatif.

3. Menonton TV dan Memperbaharui Berita Terbaru Dari Media Sosial
Mungkin Anda bisa menonton TV sambil menikmati sarapan pagi. Sekalian menambah wawasan dari berita atau acara-acara yang ada di televisi. Anda juga bisa membaca dan mencari info terbaru dari media sosial. Mendengarkan dan membaca merupakan salah satu “pemanasan” kecil sebelum Anda memulai hari yang panjang.

4. Mendengarkan Radio Atau Musik Kesayangan
Mendengarkan radio dapat menambah wawasan sekaligus menghibur diri. Apalagi kalau penyiar radio tersebut gemar melontarkan humor yang memancing tawa. Sudah pasti perasaan Anda akan terbawa positif dalam menghadapi hari Senin. Mendengarkan musik sambil menempuh perjalanan menuju kantor pun bisa membuat seseorang jadi lebih bersemangat. So, stay tuned and keep listening to the music!

Sumber foto: https://pixabay.com

5. Melihat Situs Belanja Online
Ini dia, melihat situs belanja online memang menggoda dan menguji ketahanan Anda dari tawaran menarik seperti diskon. Tetapi, tidak ada salahnya bila Anda ingin mengecek online shopping favorit Anda. Siapa tahu saja ada barang yang sedang Anda cari bisa didapatkan dengan harga lebih murah dari pasaran. Lumayan kan?

6. Membuat Rencana Kerja
Sesampai di kantor sebaiknya buatlah perencanaan kerja Anda selama satu minggu. Periksa kembali apakah minggu ini Anda memiliki janji meeting dengan klien, atau adakah pekerjaan yang harus diselesaikan sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan oleh atasan? Dengan membuat perencanaan kerja akan membantu cara bekerja menjadi lebih baik dan sistematis.

7. Memulai Pekerjaan Mudah
Untuk memulai pekerjaan yang sifatnya prioritas memang harus membangun semangat. Bagaimana caranya? Cobalah kerjakan dan selesaikan pekerjaan yang mudah dan tidak terlalu membutuhkan waktu yang lama saat menyelesaikannya. Dengan Anda menyelesaikan pekerjaan tersebut, Anda akan lebih terpacu lagi untuk melangkah dan menyelesaikan pekerjaan yang sifatnya prioritas.

Sumber foto: https://pixabay.com

8. Makan Cokelat
Ya, makan cokelat bisa membuat suasana hati menjadi tenang dan kalem. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Nottingham, ditemukan bahwa meminum kokoa (cokelat) yang kaya akan flavanol akan meningkatkan aliran darah ke sel-sel otak selama dua hingga tiga jam. Hal ini dapat meningkatkan kewaspadaan serta kinerja otak dalam jangka pendek.

Jika Anda sedang dalam keadaan tertekan karena pekerjaan, ada baiknya mengonsumsi cokelat hitam (dark chocolate). Karena cokelat hitam akan membantu Anda mengurangi efek stres dalam lingkungan.

9. Merencanakan Liburan
Walaupun masih awal minggu tidak ada salahnya Anda membuat rencana liburan, entah itu solo vacation atau bersama teman-teman. Coba browsing destinasi tujuan, hotel, dan tiket pesawat. Misalnya, Anda akan berencana untuk melakukan liburan singkat di akhir pekan nanti ke Bali atau Yogya di akhir minggu nanti. Pasti akan membuat Anda lebih semangat menjalani hari Senin dan hari-hari selanjutnya.

10. Menemui Teman-Teman
Menghubungi teman-teman atau pasangan, serta buat janji akan bertemu di kafe favorit untuk menghabiskan waktu bersama menikmati makan malam sepulang kantor, kenapa tidak? Hal ini akan membantu Anda dalam menjalani hari Senin menjadi lebih mudah. Selain mempengaruhi perasaan dan semangat Anda, aktif dalam bersoasialisasi juga dapat membantu Anda dari kepenatan.