< Tips

10 Kegiatan untuk Mengisi Waktu Ngabuburit

10 Kegiatan untuk Mengisi Waktu Ngabuburit

Tips

Di bulan Ramadan seperti sekarang ini, istilah ngabuburit pastinya diucapkan hampir setiap hari. Yup, ngabuburit adalah sebutan sebagai waktu yang dihabiskan menuju saatnya berbuka puasa. Istilah ngabuburit berasal dari bahasa Sunda, yakni ‘burit’ yang berarti waktu menjelang sore hari. Banyak orang melakukan berbagai kegiatan saat ngabuburit. Kalau Anda masih bingung mau melakukan apa saat ngabuburit, simak artikel berikut ini!

 

1. Menonton Serial TV atau Film
Menonton film atau maraton serial TV favorit merupakan salah satu hal yang dapat membuat Anda menghabiskan waktu sambil ngabuburit. Pilihlah film dengan durasi yang cukup panjang yang tentunya menarik bagi Anda. Semakin Anda antusias dengan film tersebut, pastinya akan semakin lupa dengan waktu, deh.

 Photo source: http://www.pixabay.com

2. Tidur
Sebagian orang mengatakan tidur merupakan salah satu bentuk ibadah yang dilakukan oleh orang yang sedang berpuasa. Namun, hal ini sering disalahartikan, nih. Yang dimaksud tidur sebagai ibadah adalah tidur yang ditujukan untuk mengembalikan energi untuk melakukan ibadah yang lain. Saat Anda merasa sangat lelah setelah bekerja atau melakukan aktivitas, Anda bisa tidur untuk istirahat sejenak. Jangan sampai Anda kebablasan hingga meninggalkan ibadah yang seharusnya diperbanyak di bulan Ramadan, ya.

 

3. Membersihkan Rumah
Untuk menghabiskan waktu ngabuburit, Anda juga bisa membersihkan rumah. Selain dapat membantu menghabiskan waktu menjelang azan magrib, membersihkan rumah tentunya memberikan manfaat juga, kan? Tempat tinggal menjadi bersih, waktu ngabuburit pun dapat digunakan dengan baik.

 Photo source: http://www.pixnio.com

4. Membaca Buku
Membaca buku juga dapat membuat Anda lupa waktu. Bacalah buku-buku yang bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda. Selain membaca buku, Anda juga bisa membaca Al-Qur’an sebagai salah satu bentuk ibadah Anda di bulan Ramadan ini. Akan lebih baik lagi jika Anda membaca Al-Qur’an beserta terjemahannya, sehingga bisa sekaligus memperdalam agama.

 

5. Mengaji
Yup, mengaji juga menjadi salah satu bentuk ibadah di bulan Ramadan. Anda bisa mengikuti mengaji bersama di masjid sekitar rumah Anda, atau Anda bisa mengaji sendiri di rumah dengan membaca Al-Qur’an beserta terjemahannya. Anda juga bisa mengikuti kajian agama di masjid-masjid besar di Jakarta. Biasanya kajian tersebut membahas berbagai tema yang dipimpin oleh seorang ustaz. Anda bisa melihat jadwal kajian tersebut di masjid-masjid yang ada di Jakarta.

 Photo source: http://www.pixabay.com

6. Bermain Game
Kalau ingin kegiatan yang lebih menyenangkan, Anda bisa bermain game. Pilihlah game yang Anda suka, baik game konsol maupun game yang ada di smartphone. Tentu kalau Anda tidak ingin repot, download saja berbagai game seru yang tersedia untuk versi smartphone.

 

7. Berburu Takjil
Takjil tentu saja harus ada saat waktunya buka puasa. Nah, sebagai salah satu kegiatan ngabuburit Anda bisa berburu takjil untuk disantap saat azan magrib berkumandang. Di bulan Ramadan ini, banyak pedagang takjil yang bermunculan. Anda tidak perlu repot-repot jauh mencarinya, di sekitar rumah pun pasti bisa ditemukan beberapa bahkan banyak penjual takjil. Mulai dari makanan dan minuman yang manis hingga asin tersedia semua pastinya. Tinggal sesuaikan saja mana yang sesuai dengan selera Anda.


 Photo source: http://www.wikimedia.org

8. Berdagang
Kalau ingin menambah uang jajan saat bulan Ramadan, Anda bisa beralih peran menjadi pedagang. Salah satu contohnya, Anda bisa menjadi pedagang takjil yang sudah pasti banyak pelanggan setiap harinya. Hitung-hitung bisa membantu untuk menghabiskan waktu ngabuburit juga, kan? Kalau ingin mencoba bisnis lainnya yang sedikit lebih berpeluang besar selama bulan Ramadan, Anda bisa membacanya di artikel ini.

 

9. Olahraga
Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak berolahraga selama bulan Ramadan. Padahal, olahraga juga dapat membantu kita agar stamina tetap kuat selama menjalankan ibadah puasa, lho. Lakukanlah olahraga dengan porsi yang tepat, Anda bisa lari jogging mengelilingi kompleks rumah saat menjelang waktu berbuka. Atau Anda bisa sekedar melakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan dari dalam rumah asal tubuh Anda berkeringat.

 Photo source: http://www.pixabay.com

10. Melakukan Kegiatan Sosial
Yang terakhir, kegiatan ini tidak kalah bermanfaatnya. Dengan melakukan kegiatan sosial seperti mengadakan acara buka puasa di panti asuhan atau membagikan takjil ke orang-orang yang kurang beruntung, Anda bisa menambah pahala mengingat bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk banyak-banyak melakukan kebaikan. Isilah waktu ngabuburit dengan berbagai kegiatan positif, niscaya di bulan Ramadan ini Anda bisa merasakan berkahnya. Selamat ngabuburit!