< Tips

10 Kesalahan yang Wajib Dihindari Saat Berkarier

10 Kesalahan yang Wajib Dihindari Saat Berkarier

Tips

Setiap berkarier dalam bidang apapun, tentu masing-masing individu memiliki target tersendiri yang ingin dicapai. Namun, target karier tersebut bisa jadi terhambat karena kesalahan Anda sendiri. Setidaknya ada 10 kesalahan yang seharusnya Anda hindari saat berkarier, simak di bawah ini!

 

1. Tidak Ingin Keluar Dari Zona Nyaman
Bekerja dalam waktu yang cukup lama akan membuat Anda masuk ke dalam zona nyaman dalam pekerjaan. Namun, hal ini sebaiknya diwaspadai karena zona nyaman bisa membuat Anda merasa terlalu nyaman sehingga merasa enggan untuk keluar dari zona tersebut. Padahal, keluar dari zona nyaman bisa membantu Anda untuk maju dalam hal berkarier.

 

2. Tidak Merasa Senang Saat Bekerja
Dalam setiap pekerjaan harus memiliki keseimbangan kehidupan kerja. Anda harus merasa senang dalam melakukan pekerjaan Anda saat ini. Dengan memiliki kehidupan kerja yang seimbang, Anda akan mampu menuju kesuksesan dengan mudah. Apabila Anda tidak merasa senang dalam melakukan pekerjaan saat ini, tentu waktu Anda akan menjadi sia-sia, kan? Selain itu, Anda juga tidak memberikan performa yang baik untuk perusahaan.

 

3. Menyia-nyiakan Kesempatan yang Ada
Dalam kehidupan berkarier, tentu Anda akan dihadapkan pada beberapa bahkan banyak kesempatan yang ada. Baik kesempatan dalam hal reputasi, networking, menaiki tangga karier, hingga hal-hal kecil lainnya. Apapun kesempatan baik yang Anda hadapi, bisa menjadi bantuan dalam menunjang karier Anda. Bila Anda merasa takut dan tidak mau mengambil kesempatan tersebut, tentu saja karier Anda bisa terhambat.

 
Photo source: http://www.pexels.com

4. Tidak Membatasi Kehidupan Pribadi dan Kerja
Memiliki hubungan dengan orang lain di luar dunia kerja harus dijaga dengan baik-baik jika ingin karier Anda berjalan dengan lancar. Dijaga di sini berarti harus dibatasi antara kehidupan pribadi dan juga kehidupan kerja. Saat bekerja di kantor, Anda harus bersikap profesional. Terlebih lagi bila Anda memiliki hubungan pribadi dengan sesama rekan kerja Anda. Biasanya, pihak perusahaan juga menghindari karyawan yang memiliki hubungan pribadi di lingkungan kerja karena karyawan tersebut rentan menjadi seorang yang tidak profesional.

 

5. Selalu Merasa Iri dengan Orang Lain
Setiap karyawan di perusahaan memiliki kesempatan yang berbeda-beda. Ada yang dapat dengan mudah menaiki kariernya, ada juga yang sedikit terlambat. Bila Anda suka merasa iri dengan orang lain seperti menganggap pekerjaan orang lain lebih menyenangkan, bisa jadi Anda akan termasuk ke dalam karyawan yang kariernya berjalan dengan lamban. Karena sibuk merasa iri, Anda lupa untuk fokus dengan diri sendiri agar dapat sukses berkarier. Bersikaplah rendah diri dan jangan selalu menganggap bahwa orang lain memiliki kehidupan yang lebih baik.

 

6. Kurang Mengasah Kemampuan
Berkembangnya teknologi dan hal lainnya, membuat setiap orang harus selalu update dengan lingkungan sekitar. Sama halnya dengan kemampuan yang harus selalu diasah. Dengan mengasah kemampuan, Anda dapat mengembangkan kemampuan dan menambah pengalaman untuk digunakan dalam berkarier.

 
Photo source: http://www.pixabay.com

7. Takut untuk Mengambil Risiko
Saat ingin berkembang dalam hal karier, terkadang ada satu atau lebih risiko yang harus Anda hadapi. Namun, jangan merasa takut terlebih dahulu. Risiko ini bisa menjadi bagian dari perkembangan karier Anda. Orang yang ingin maju tidak boleh merasa takut untuk mengambil risiko. Berangkat dari pengalaman dan pemahaman yang sudah Anda miliki, risiko tersebut bisa dengan mudah dihadapi apabila Anda adalah termasuk orang yang ingin maju.

 

8. Bingung dalam Mengatur Pekerjaan
Mengatur pekerjaan adalah satu hal yang paling mendasar dalam bekerja. Jika Anda masih bingung bagaimana dalam mengatur pekerjaan, karier Anda bisa terhambat. Karena semakin tinggi karier seseorang, tentu pekerjaannya akan semakin banyak. Mulailah dalam membuat daftar prioritas pekerjaan. Dengan membuat daftar tersebut, Anda dapat dengan mudah menentukan mana pekerjaan yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu.

 

9. Membuang-buang Waktu
Bila Anda merasa pekerjaan yang sekarang sudah bukan passion Anda lagi, inilah saatnya Anda mencari kesempatan baru. Baik kesempatan di bidang yang sama namun di perusahaan lain, maupun di bidang dan perusahaan yang lain. Janganlah sia-siakan waktu yang Anda punya dan raihlah kesempatan yang ada yang dapat membantu Anda menaiki karier.

 
Photo source: http://www.pexels.com

10. Kurang Percaya Diri
Tidak memiliki rasa percaya diri akan menjadi penghambat dalam karier Anda. Jika Anda sendiri tidak percaya pada diri Anda, bagaimana dengan rekan kerja Anda nantinya? Selalu berpikir positif dan yakin dengan kemampuan Anda dapat membantu menimbulkan rasa percaya diri yang hilang. Semoga berhasil!