< Tips

10 Manfaat Buah Lemon Bagi Kesehatan

10 Manfaat Buah Lemon Bagi Kesehatan

Tips

Buah lemon biasanya dapat digunakan untuk memasak dan juga membuat minuman. Tahukah Anda bahwa buah lemon yang kaya vitamin juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh? Anda dapat merasakan setidaknya 10 manfaat buah lemon berikut ini:

1. Melancarkan Pencernaan
Minumlah air hangat dengan campuran jus lemon pada pagi hari sebelum Anda mengonsumsi apapun, zat baik yang terkandung di dalam lemon akan memperlancar pencernaan Anda dan dapat membantu buang air besar secara teratur. Dengan pencernaan yang lancar, limbah di dalam tubuh Anda akan dapat terbuang dengan baik. 

2. Menurunkan Berat Badan
Berat badan sering kali menjadi masalah utama bagi wanita. Nah, dengan meminum jus lemon yang dicampur air hangat dan madu secara teratur dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

3. Detoks Bagi Tubuh
Tidak semua makanan yang kita konsumsi mengandung zat baik, air lemon dapat membantu membersihkan darah untuk membuang racun-racun yang ada dalam tubuh kita.

4. Anti Kanker
Jus lemon memiliki banyak senyawa anti kanker dan juga dapat memperlambat pertumbuhan tumor yang menyebabkan kanker. Lemon juga dapat membantu menghilangkan jejak radiasi dan kemoterapi yang dilakukan oleh penderita kanker.

5. Menghilangkan Rasa Sakit Gigi
Jika Anda sedang sakit gigi, oleskan saja pada area gigi yang sakit dan lemon akan segera membantu menghilangkan rasa sakitnya. Memijat gusi dengan irisan lemon juga dapat membantu menghentikan gusi yang berdarah sambil menghilangkan bakteri pada gusi yang dapat menyebabkan bau mulut. Jangan lupa setelah itu berkumurlah dengan air bersih, karena meninggalkan noda lemon di gigi terlalu lama juga dapat mempercepat pengroposan gigi.

6. Mengatur Keseimbangan Tekanan Darah
Kandungan kalium yang terdapat pada buah lemon sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Kandungan kalium tersebut membantu mengontrol tekanan darah yang tinggi serta rasa pusing dan mual.


Sumber video: Youtube (Porch)

7. Mengurangi Stress dan Depresi
Kandungan buah lemon yang memberikan sensasi menenangkan tubuh maupun pikiran, dapat digunakan untuk mengurangi stres dan beban pikiran. Minumlah segelas air lemon hangat ketika Anda sedang lelah ataupun banyak pikiran.

8. Menghentikan Pendarahan
Kandungan antiseptik yang terdapat di dalam lemon dapat membantu menghentikan pendarahan dari dalam tubuh, misalnya mimisan. Teteskan jus lemon pada kapas dan letakkan di dalam hidung untuk membantu menghentikan mimisan.

9. Meredakan Luka Bakar
Jika Anda terkena luka bakar, oleskan saja luka bakar tersebut dengan jus lemon yang akan membantu meredakan sensasi terbakar pada kulit Anda. Jus lemon juga dapat dioleskan pada bekas luka bakar yang susah hilang untuk membantu menghilangkan bekas luka tersebut.

10. Merawat Kulit
Meminum air lemon secara teratur dapat menunda penuaan dini seperti mengurangi kerutan dan flek hitam pada wajah. Meminum jus lemon dengan campuran air dan madu juga dapat membuat kulit sehat dan bercahaya. Masih banyak lagi lho manfaat lemon untuk kesehatan.