< Tips

10 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

10 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Tips

Minyak zaitun dikenal juga sebagai olive oil. Minyak ini diambil dari buah zaitun dan mengandung lemak tak jenuh. Tak jarang minyak ini sering diolah untuk dijadikan bahan dasar kosmetik, perawatan rambut, dan juga digunakan untuk memasak atau dikonsumsi langsung. Minyak ini banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Mau tahu apa saja manfaatnya? Simak artikel berikut ini.


Sumber foto: www.pixabay.com

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh. Oleh sebab itu, memiliki fungsi untuk mengontrol lemak jenuh dalam tubuh yang menyebabkan kolestrol. Sehingga baik untuk memelihara kesehatan jantung.

2. Mencegah Kanker
Olive oil memiliki zat fenol, asam oleat serta zat ekstra virgin yang baik untuk mencegah kanker. Zat fenol memiliki kemampuan untuk mengembalikan kerusakan sel. Sedangkan zat ekstra virgin berfungsi sebagai antioksidan, sehingga membantu menghambat proses timbulnya sel kanker. Sementara, asam oleat mempunyai peranan penting dalam mencegah penyebaran tumor di dalam tubuh. Konsumsilah minyak zaitun 1-2 sendok makan setiap hari.

3. Mencegah Diabetes
Minyak ini mengandung senyawa hidroksitirosol yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Itu sebabnya dengan mengonsumsi minyak zaitun secara teratur dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes mellitus atau dikenal juga sebagai penyakit gula.

4. Menyehatkan Usus
Ya, minyak zaitun membantu dan mendorong gerak peristaltik pada usus. Di samping itu juga membantu menjaga kesehatan pencernaan dan membantu mengobati pencernaan yang bermasalah seperti peradangan pada saluran pencernaan, kembung, rasa panas dalam perut, dan melancarkan buang air besar.


Sumber foto: https-//infojuga.files.wordpress.com

5. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut
Memiliki kulit yang sehat, kencang, awet muda adalah dambaan setiap orang. Apalagi bagi wanita. Itu sebabnya pada zaman peradaban Romawi dan Mesir kuno, minyak zaitun sering dijadikan sebagai bahan dasar untuk merawat kulit maupun rambut. Selain untuk melembabkan kulit, bibir pecah-pecah, minyak ini juga baik untuk merawat rambut rusak dan mencegah kerontokan.

6. Mengatur Berat Badan
Ingin memiliki berat dan postur tubuh yang proporsional? Jawaban adalah konsumsi minyak zaitun. Minyak ini mampu membantu melawan kegemukan dan memiliki asam lemak penting yang dapat membuang lemak dalam tubuh. Seperti yang sudah disebutkan tadi, kolestrol dan lemak dapat hilang dengan mengonsumsi minyak zaitun secara teratur.

7. Memperpanjang Umur
Orang yang mengonsumsi minyak zaitun dengan teratur biasanya memiliki catatan kesehatan yang lebih baik dibandingkan orang yang tidak mengonsumsinya. Mengapa? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, minyak zaitun mencegah penyakit jantung, diabetes, kanker, darah tinggi, stroke, penggumpalan darah, dan baik bagi kesehatan tubuh. Minyak ini mengandung vitamin E yang lebih tinggi dan lebih stabil, juga meningkatkan kesuburan.

8. Mencegah Pikun
Pikun atau lupa ingatan disebabkan oleh kurangnya asam lemak tak jenuh. Untuk meningkatkan asam lemak tak jenuh, minumlah minyak zaitun karena minyak ini mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat menurunkan risiko kepikunan.

9. Penangkal Radikal Bebas
Minyak yang berasal dari buah zaitun ini ini memiliki antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Minyak ini berfungsi sebagai penetralisir serta membuang racun dalam tubuh.

 


Sumber foto: www.pixabay.com

10. Baik Dikonsumsi Bagi Ibu Hamil
Mengonsumsi minyak zaitun juga baik bagi ibu hamil dan perkembangan fisik maupun mental janin. Kandungan protein, lemak, kalori, zat besi, kalsium, vitamin A, B1, B2, B3, C, dan vitamin E, maupun berbagai asam lemak tak jenuh, asam oleik, dan asam linoleik sangat baik dikonsumsi ibu hamil sebagai pengganti minyak sayur. Zat-zat tersebut juga dibutuhkan bagi perkembangan bayi yang ada di dalam kandungan.