< Tips

10 Manfaat Olahraga Pagi

10 Manfaat Olahraga Pagi

Tips

Olahraga adalah salah satu aktivitas yang menyehatkan tubuh dan memiliki banyak manfaat. Jenisnya pun terdiri dari berbagai macam. Sesibuk apapun Anda, sebaiknya sempatkanlah diri untuk melakukan aktivitas yang satu ini. Bahkan olahraga sangat baik bila dilakukan pada pagi hari. Mau tahu kenapa alasannya olahraga memiliki manfaat di pagi hari? Simak atikel berikut ini.

1. Mudah Bangun Pagi
Keuntungan rutin berolahraga pagi adalah Anda tidak akan kesulitan untuk bangun pagi. Karena sistem endoktrin yang berada di dalam tubuh sudah beradaptasi dengan pola bangun pagi yang sudah dibangun. Sehingga beberapa jam sebelum bangun pagi, tubuh akan secara otomatis bersiap-siap untuk bangun dan melakukan aktivitas.

2. Melatih Konsistensi
Apabila seseorang selalu bangun pagi dan mengawali harinya dengan berolahraga secara rutin, maka hal tersebut menunjukkan konsistensi seseorang dalam memenuhi komitmennya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lebih banyak orang yang melakukan olahraga di pagi hari dibandingkan mereka yang baru melakukannya seusai pulang kerja. Dengan demikian, bisa dikatakan olahraga pagi dapat menambah semangat bekerja seseorang.

3. Proses Penurunan Berat Badan Efektif
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, olahraga melatih konsistensi. Jika dilakukan secara teratur dan konsisten, olahraga akan membuat berat badan menurun. Olahraga dapat membakar kalori dan lemak dengan cara cepat dan efisien. Apalagi kalau ditunjang dengan mengonsumsi dan mengombinasikannya dengan asupan nutrisi yang sehat. Maka hasilnya pun akan maksimal. Nah, bila Anda ingin memiliki bentuh tubuh seperti Kendall Jenner bagi wanita atau Christiano Ronaldo bagi pria, rajin-rajinlah berolahraga dan mengonsumsi makanan yang bergizi.  

4. Baik Untuk Metabolisme Tubuh
Ya, olahraga baik untuk proses pencernaan karena dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh bahkan dapat menjaga proses tersebut hingga beberapa jam ke depan. Artinya, kalori dan lemak dalam tubuh akan dibakar sehingga menurunkan berat badan.

5. Lebih Bertenaga
Tahukah Anda kalau olahraga itu dapat melepaskan hormon endorfin yang meningkatkan energi dan mood yang lebih baik? Yup, betul sekali! Memulai hari Anda dengan berolahraga di pagi hari sebelum berangkat kerja, akan membuat suasana hati menjadi lebih baik dan lebih berenergi dalam memulai aktivitas sehari-hari.

6. Melatih Disiplin
Dengan membiasakan diri mengawali hari Anda dengan berolahraga di pagi hari, maka akan terbentuk disiplin. Dengan demikian, Anda akan terbiasa tidak mau melewatkan olahraga di pagi hari dan akan mengatur jadwal sebaik mungkin, seperti jam berapa Anda tidur, jam berapa harus bangun, setelah olahraga apa yang harus dilakukan, dan seterusnya. Alhasil, Anda jadi lebih sistematis dalam mengatur jadwal amupun menerapkannya.

7. Melatih Otak dan Kefokusan
Sebelumnya telah disebutkan bahwa kedisiplinan akan membentuk suatu kebiasaan yang tertatur. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih fokus dan melatih ketajaman otak dalam berpikir. Bisa dikatakan kebiasaan berolahraga di pagi hari akan menciptakan kedisipilinan dan melatih cara bekerja otak, juga mengasah kefokusan.

8. Menentukan Prioritas
Membiasakan diri dengan berolahraga di pagi hari ternyata tidak hanya berdampak melatih kedisiplinan dan melatih ketajaman berfikir saja, bahkan dapat membuat Anda jadi bisa menentukan prioritas. Seperti yang ditulis sebelumnya, kedisipilinan membuat seseorang dapat mengatur jadwal.

Dengan mengatur jadwal, Anda secara tidak langsung sudah menentukan skala prioritas Anda. Mengatur jadwal sama dengan menentukan skala prioritas, hal mana yang harus didahulukan, kemudian beralih ke aktivitas selanjutnya, dan seterusnya hingga selesai.

9. Meningkatkan Ketajaman Mental
Olahraga dapat meningkatkan ketajaman mental. Pengaruhnya bisa berlangsung antara 4-10 jam setelah berolahraga. Dengan memiliki kesehatan mental yang baik, maka Anda akan terhindar dari perasaan tertekan yang mengakibatkan stres. Selain itu Anda mampu berpikir jernih dan siap mengambil keputusan.

10. Anda Akan Merasa Lebih Baik
Dengan melakukan olahraga pagi secara rutin akan berdampak besar terhadap diri Anda, yaitu Anda akan merasa lebih baik. Ya, Anda akan lebih sehat, lebih disiplim, lebih tajam dalam berpikir, dan mempengaruhi tindakan Anda sehari-harinya.