< Business

10 Peluang Usaha di Rumah yang Menjanjikan

10 Peluang Usaha di Rumah yang Menjanjikan

Business

Mencari uang tambahan, namun masih bingung menentukan peluang usaha apa yang cocok dilakukan di rumah? Ada banyak sekali peluang usaha yang dapat dilakukan di rumah tanpa harus meninggalkan kewajiban utama dan keluarga. Usaha rumahan yang menjanjikan ini dapat dikerjakan saat memiliki waktu luang. Apa sajakah itu? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Bisnis Katering

Rasanya, bisnis di bidang kuliner seperti katering tidak ada matinya. Menjalankan bisnis satu ini memang bukan perkara mudah. Katering yang menjamur membuat Anda harus semakin kreatif dalam berinovasi agar dapat bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat.

Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah branding, memperkenalkan bisnis katering Anda pada orang-orang di sekitar, misalnya saat arisan, pengajian dan sebagainya. Anda dapat memulai dengan menawarkan menu sarapan, seperti nasi uduk, nasi kuning atau menu makan siang. Tawarkan dengan harga murah tanpa mengurangi kualitas makanan.

2. Penulis Lepas

Memiliki kemampuan menulis yang didukung dengan jam terbang tinggi? Freelance writer sangat cocok Anda pilih untuk menambah pundi-pundi tabungan. Sekarang, tidak sedikit pebisnis online yang menggunakan jasa penulis artikel untuk meng-update situs mereka.

Harga yang Anda tawarkan dapat disesuaikan dengan banyaknya kata per artikel. Semakin banyak kata dalam satu artikel, maka semakin tinggi harganya. Apalagi jika artikel yang diminta menggunakan bahasa Inggris.

3. Bisnis Online Shop

Semakin hari, semakin besar saja potensi tumbuhnya pola konsumsi online. Semakin kesini, orang semakin enggan untuk menghabiskan waktunya pergi berbelanja. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, seperti pakaian, aksesoris unik hingga gawai dapat dengan mudah ditawarkan.

Sebelum membuka bisnis online shop Anda perlu lebih selektif dalam memilih produk. Dengan kata lain, pilih produk yang sesuai dengan pergaulan Anda. Misal, Anda penggemar K-pop, Anda dapat membuka bisnis kaus, suvenir figur K-pop secara langsung ke komunitas online yang Anda ikuti.

4. Rental Mobil

Peluang jasa rental mobil didasari pada kebutuhan masyarakat, hampir semua orang butuh mobil, namun tidak semua yang butuh punya mobil. Jasa rental mobil kemudian semakin dilirik karena adanya aplikasi sewa mobil online semacam Uber, Go-Car atau Grab-Car.

Bagi Anda yang sudah punya mobil, bisa langsung daftar atau mencari orang lain untuk menjadi driver dengan sistem bagi hasil. Tentukan jam operasional dalam sehari agar penggunaan BBM, waktu maupun tenaga efisien.

Strategi lain, cari lokasi yang strategis agar mendapatkan trip dengan jarak tempuh dekat namun frekuensinya tinggi (berkali-kali). Misalnya, mangkal di kawasan bisnis saat istirahat makan siang.

5. Mobil Jemputan Anak Sekolah

Mobil Anda menganggur di rumah? Manfaatkan untuk jasa antar jemput anak sekolah. Kemahiran mengendarai mobil, didukung dengan mobil yang Anda miliki akan mempermudah bisnis rumahan satu ini.

Mobil dengan kapasitas lebih banyak tentu menjadi daya tarik sendiri guna memberikan banyak ruang bagi penumpang. Sebaiknya survey terlebih dahulu rute yang akan Anda lalui untuk memudahkan proses pengantaran sekaligus menekan biaya yang dikeluarkan.

6. YouTuber

Bukan isapan jempol belaka jika YouTube dapat membantu Anda menambah penghasilan. Sebab, tidak menutup kemungkinan jika konten kreatif yang Anda buat dilirk oleh pengiklan. Banyaknya iklan yang muncul pada akun Anda akan menambah pundi-pundi penghasilan. Kontennya tentu harus orisinal, atau konten kreatif yang dibuat berdasarkan tren, seperti remake lagu, make up tutorial dan masih banyak lagi. 

7. Membuka Kursus Memasak

Memiliki bakat atau hobi memasak? Tidak ada salahnya menggeluti bisnis rumahan satu ini. Selain dapat berbagi ilmu, Anda juga dapat menambah penghasilan. Dengan membuka kursus memasak, Anda memfasilitasi banyak orang untuk mendapat resep masakan, mempraktekkannya secara langsung serta berbagai trik dalam memasak.

Buat paket khusus dengan resep makanan yang sedang tren, susun jadwal dan persiapkan segala peralatan sebelum praktek. Jika sudah siap, Anda dapat memasarkannya dengan menyebar brosur, iklan di SMS atau dari mulut ke mulut.

8. Kerajinan Tangan

Bisnis kerajinan tangan dapat Anda lakukan tanpa harus mengorbankan pekerjaan utama. Semakin unik produk kerajinan tangan yang Anda buat, maka semakin tinggi pula harga jualnya, seperti burung, gitar, atau pot keramik yang terbuat dari CD bekas.

9. Guru Les

Jika kebetulan Anda pandai berbahasa asing, seperti Bahasa Inggris, Jepang, Korea atau bahasa lainnya, menjadi guru les merupakan sebuah peluang usaha rumahan yang menjanjikan.

Anda dapat membuka kursus pada hari libur atau sore hari sepulang kerja. Namun, jika Anda tidak bekerja, dapat membuka kursus pada hari biasa. Yang perlu dipersiapkan adalah ruangan lengkap dengan kursi, white board, spidol, modul yang dapat Anda rancang sesuai dengan kebutuhan para siswa.

Memiliki kemampuan mumpuni dalam mata pelajaran lain? Mengapa tidak. Sesuaikan dengan bidang yang Anda kuasai dan pastikan Anda memiliki tingkat kesabaran tinggi dan mau berkompromi saat menangani para siswa usia dini.

10. Tukang jahit

Punya keahlian menjahit? Optimalkan hobi Anda dengan membuka jasa jahit. Mesin jahit, benang, jarum, perlengkapan lain seperti risleting, kancing, meteran baju, payet, kapur dan penggaris jahit tentu harus Anda siapkan sebelum membuka jasa ini.

Jasa menjahit standar sekitar Rp 250 ribuan per jahitan. Bisa dibayangkan jika dalam satu bulan Anda dapat menyelesaikan 10 jahitan. Pemasukan tambahan juga dapat Anda peroleh dari memperbaiki jahitan baju, risleting atau kancing baju yang sudah jadi.

Jangan lupa untuk aktif mempromosikan jasa dan karya baju yang Anda buat lewat media sosial, ya.