< FYI

10 Serial Terbaik Netflix yang harus Anda Tonton

10 Serial Terbaik Netflix yang harus Anda Tonton

FYI

Kehadiran Netflix di Indonesia tak ubahnya ‘berkah’ bagi para pecinta film. Netflix sendiri merupakan layanan yang memungkinkan penggunanya menonton tayangan kesukaan di mana pun, kapan pun, dan melalui medium apapun (smartphone, smartTV, tablet, PC, dan laptop).

Saat ini Netflix tengah digandrungi banyak orang di Indonesia. Bukan tanpa alasan, hampir semua tayangan yang ditawarkan layanan ini memang jempolan. Dan yang paling menjadi favorit adalah tayangan serial TV Netflix yang menyajikan berbagai macam cerita. Nah, bagi Anda yang belum pernah menonton dan penasaran dengan serial-serial seru yang ditawarkan, berikut Check in Jakarta rangkum 10 serial terbaik Netflix yang wajib Anda tonton. Pas nih ditonton saat akhir pekan.

1. Stranger Things
Ini dia serial yang semakin melambungkan nama Netflix dan tengah ramai diperbincangkan warganet di seluruh dunia. Bagaimana tidak? Serial yang mengangkat cerita tentang misteri yang terjadi di sebuah kota ini mendapat skor yang sangat tinggi di situs pengulas film dan serial, IMDb, Rotten Tomatoes, dan TV.com. Bahkan Stranger Things telah berhasil menyabet beberapa penghargaan, dan mempopulerkan nama-nama pemainnya.

Diluncurkan pada Juli 2016 untuk season pertamanya yang berisi delapan episode, Stranger Things berlatar tahun 1980an dan bercerita tentang pencarian seorang anak yang hilang bernama Will Byers (Noah Schnapp). Will hilang di tahun 1983 dan meninggalkan banyak misteri orang-orang di sekitarnya yang membawa mereka ke sebuah konspirasi yang tidak pernah mereka duga sebelumnya. Serial drama ini sangat cocok untuk Anda penggemar cerita-cerita misteri.

Bulan Oktober lalu, Stranger Things season 2 sudah tayang dan terdiri dari sembilan episode. Masing-masing episode berdurasi 45-57 menit.

Photo Source: https://www.instagram.com/strangerthingstv

Sederet bintang Hollywood ternama akan memanjakan mata Anda, seperti Winona Ryder yang sudah membintangi banyak film dan memenangkan penghargaan Golden Globe, Finn Wolfhard yang hadir di film horor berjudul IT, dan Noah Schnapp yang juga membintangi film Bridge of Spies, sekaligus pengisi suara di film The Peanuts Movie. Pemeran-pemeran lainnya yang juga bermain sangat apik di serial ini di antaranya Millie Bobby Brown, Gaten Matarazzo, Caleb McLaughlin, David Harbour, Natalia Dyer, Charlie Heaton, Joe Kerry, Sadie Sink, dan masih banyak lagi.

2. 13 Reasons Why
Serial yang satu ini bisa dibilang penyebab utama warga di tanah air mulai menyukai serial Netflix. Tidak heran, selain diproduseri penyanyi top dunia, Selena Gomez, 13 Reasons Why juga bertabur bintang-bintang berparas cantik dan tampan, antara lain, Dylan Minette, Katherine Langford, Christian Navarro, Alisha Boe, Miles Heizer, Brandon Flynn, Justin Prentice, Ross Butler, dan masih banyak lagi.

Meski tak seapik Stranger Things, namun serial ini juga mendapatkan skor yang cukup tinggi dari kalangan para kritikus film. 13 Reasons Why sudah keluar sejak Maret lalu dan ceritanya diangkat dari novel best seller tahun 2007 karya Jay Asher dengan judul yang sama.

Di musim pertamanya, serial ini berisi 13 episode yang masing-masing berdurasi sekitar 50 menit hingga 1 jam. Dan karena kesuksesannya ini, 13 Reason Why bakal berlanjut ke season 2 yang rencananya akan keluar di tahun 2018 mendatang.

Photo Source: https://fanart.tv

Serial ini juga bergenre misteri tentang seorang pelajar SMA, Hannah Baker (Katherine Langford) yang mati bunuh diri. Satu per satu, penyebab bunuh dirinya pun terungkap karena adanya 13 rekaman dalam bentuk kaset yang ia berikan ke temannya sebelum memutuskan mengakhiri nyawanya. Jadi tak sabar menunggu season ­keduanya, nih.

3. Chef’s Table
Buat Anda yang menyukai ‘kecantikan’ akan sebuah makanan, Chef’s Table adalah tontonan yang tepat untuk Anda. Karena serial dokumenter ini menampilkan chef-chef internasional yang handal dalam memasak dan menata makanannya agar tidak hanya enak di lidah, tapi juga sedap dipandang mata. Serial ini sudah ada sejak tahun 2015, dan tahun ini memasuki season 3 yang telah tayang sejak Februari lalu.

Photo Source: https://tvseriesfinale.com

4. Orange Is The New Black
Orange Is The New Black atau biasa disingkat OITNB adalah web series bergenre komedi-drama arahan Jenji Kohan. Serial Netflix yang satu ini sudah ada sejak tahun 2013, dan sejak bulan Juni lalu sudah memasuki musim kelimanya. Tak kalah dengan Stranger Things, OITNB bahkan sudah mengantongi 46 penghargaan, termasuk penghargaan sebagai Favorite Premium Drama Series dari People’s Choice Award 2017.

Orange Is The New Black bercerita tentang kisah Piper CHapman, seorang wanita paruh baya yang harus mendekam di penjara selama 15 bulan akibat terjerat kasus membawa uang untuk temannya yang seorang pengedar narkoba 10 tahun lalu. Serial ini diadaptasi dari memoir Piper Kerman yang berjudul “Orange Is the New Black: My Year in a Women’s Prison” tentang pengalamannya selama menjalani hukuman di balik jeruji besi.

Season 1 sendiri bercerita tentang awal mula bagaimana hidup Piper Chapman (Taylor Schilling) berubah setelah tindak kriminal yang ia lakukan dan menyeretnya ke penjara. Di penjara, Piper mulai banyak membuat musuh. Di musim ini juga diceritakan bagaimana usaha Piper dalam menghadapi segala keresahan yang ia rasakan.

Photo Source: https://www.socalmuse.com

Beberapa pemeran utama dalam OINTB antara lain Taylor Schilling, Uzo Aduba, Laura Prepon, Lavarne Cox, Danielle Brooks, dan masih banyak lagi.

5. The Defenders
Tak hanya memanjakan para penikmat film misteri, Netflix juga menyuguhkan serial web bagi para penggila film superhero, salah satunya adalah The Defenders.

Serial ini baru memasuki musim pertamanya yang sudah bisa dinikmati sejak Agustus lalu dengan total delapan episod. Di serial The Defenders, Anda akan menyaksikan kehebatan lima superhero dari Marvel, Iron Fist, Daredevil, Jessica Jones, Elektra dan Luke Cage yang bersatu untuk melawan penjahat bernama The Hand di kota New York.

Serial Defenders diawali dengan kegiatan masing-masing superhero yang awalnya memutuskan berhenti menjadi "Alias Investigator" dan malah masih terima job dari klien. Luke Cage yang keluar dari penjara, Matt Murdock yang masih menjadi pengacara, dan Danny Rand yang terus memburu The Hand.

Dalam serial ini, diceritakan The Hands merupakan organisasi besar yang dipimpin oleh para bilioner yang juga memiliki kemampuan bela diri bahkan kemampuan yang tidak disangka-sangka, sehingga sulit untuk dikalahkan, sekalipun sudah hamppir mati.

 Photo Source: https://blogs.microsoft.com

Daredevil diperankan oleh Charlie Cox, sedangkan Jessica Jones diperankan oleh Krysten Ritter, lalu Luke Cage diperankan Mike Colter, Elektra diperankan Elodie Yang, dan terakhir Iron Fist yang diperankan oleh Finn Jones.

6. Master of None
Serial drama komedi ini juga berhasil menyabet beberapa penghargaan, di antaranya Primetime Emmy Award untuk kategori outstanding writing untuk serial komedi, Critics' Choice Television Award untuk kategori serial komedi terbaik, dan Peabody Award. Season pertamanya keluar di tahun 2015 dengan 10 episode, sedangkan musim keduanya baru keluar pada 12 Mei lalu yang juga berisi 10 episode.

Sudah banyak komedian yang mengangkat kisah pribadinya menjadi sebuah film atau serial. Kalau di Indonesia ada Raditya Dika dan Ernest Prakasa, kalau Amerika punya Aziz Ansari. Di tengah berjejalnya serial dengan tema serupa, Master of None menawarkan tayangan yang menjanjikan.

Serial ini menceritakan tentang Dev, seorang aktor iklan komersial yang sering berkonstemplasi mengenai kehidupan di sekitarnya. Sebagai warga Amerika berdarah Asia, ia seringkali mendapatkan perilaku diskriminasi. Perilaku-perilaku tersebut disampaikan melalui satir yang begitu kental di serial ini.

 

Photo Source: http://netflixupdate.com

Secara keseluruhan isi konten pada Master of None begitu cerdas dibuat oleh Aziz Ansari dan Alan Yang. Aziz yang juga berperan sebagai Dev, tokoh utama dalam serial ini berhasil membuat kisahnya sangat personal. Sebagai sebuah serial drama komedi, Master of None tidak melupakan komedi satirnya dan juga isu yang ingin dibahas, inilah yang menjadikan serial ini sangat menarik untuk ditonton, terutama bagi Anda yang memang menyukai tayangan komedi satir.

Selain Aziz Ansari, Master of None juga dibintangi oleh Eric Wareheim, Lena Waithe, Noel Wells, Kelvin Yu, dan masih banyak lagi.

7. A Series Of Unfortunate Events
A Series of Unfortunate Events mengisahkan tentang tiga anak bersaudara yatim piatu, karena sebuah kebakaran besar yang terjadi telah merenggut nyawa kedua orang tuanya. Oleh ahli waris, mereka lantas diberikan pada orang tua asuh yang telah disepakati dalam kontrak waris. Ketiga bersaudara itu Violet Baudelaire (Malina Weissman), Klaus Baudelaire (Louis Hynes), dan Sunny Baudelaire (Presley Smith), lalu dibawa ke rumah pamannya yang bernama Count Olaf (diperankan oleh Neil Patrick Harris). Tapi ternyata, Olaf bukanlah paman yang baik. Ia bersedia mengasuh hanya karena ingin menguasai harta kekayaan yang dimiliki Baudelaire bersaudara itu.

Photo Source: https://www.npr.org

Tampilan serial yang satu ini cukup unik, karena berkonsep layaknya Alice In Wonderland. A Series of Unfortunate Events sendiri diangkat dari buku anak-anak karya Lemony Snicket. Dan season pertamanya sudah keluar sejak Januari lalu dengan total delapan episode. Serial ini juga berhasil mendapatkan rating yang tinggi di situs Rotten Tomatoes, sebesar 94%. A Series of Unfortunate Events juga ada versi filmnya yang rilis pada tahun 2004 lalu dan dibintangi aktor-aktor kawakan Hollywood, seperti Jim Carrey, Emily Browning, Meryl Streep, dan Jude Law.

8. Santa Clarita Diet
Anda yang rindu dengan Drew Barrymore yang tampak tak menua sedikit pun di serial ini, bisa menyaksikan kembali kelucuannya melalui humor nyeleneh yang ditawarkan Santa Clarita Diet.

Serial ini menceritakan kehidupan pasangan suami istri yang bekerja sebagai agen penjual rumah dan terpaksa mengalami kehidupan yang jungkir balik saat Sheila (Drew Barrymore) bertransformasi menjadi seorang zombie atau mayat hidup. Tak hanya itu, mereka juga berjuang kembali untuk dapat hidup normal.

Dalam cerita, Sheila terpaksa memakan daging manusia untuk memenuhi hasratnya terhadap daging segar. Film komedi gelap ini akan menempatkan pemainnya dalam kondisi yang tak berbeda jauh dengan kehidupan nyatanya. Namun, tak berlangsung lama, alur cerita akan berubah dan menceritakan kehidupan yang tak biasa sebagai zombie.

Walaupun bertemakan mayat hidup, namun serial ini sangat menghibur. Sheila saat masih menjadi manusia biasa sangat suka makan daging mentah, lalu kemudian berubah menjadi zombie yang ‘haus’ akan daging manusia. Dan karena sudah merasakan daging manusia, dia pun tidak mau lagi makan daging hewan.

Orangnya pun mereka pilih. Joel jadi ikut terlibat membunuh orang demi memenuhi keinginan Sheila, dan membuatnya menjadi stres. Banyak diskusi di antara pasangan suami-istri ini mengenai siapa yang harus mereka bunuh.

Photo Source: https://www.youtube.com

Nampaknya, aksi memakan daging manusia ini harus berlangsung lebih lama lagi karena Santa Clarita Diet season 2 sudah direncanakan akan tayang.

9. Black Mirror
Serial dari Inggris yang sangat brilian ini mengangkat berbagai social commentary mengenai era teknologi yang terjadi saat ini dan yang akan terjadi di masa depan. Anda yang baru saja mengenal Black Mirror tidak perlu takut ketinggalan, karena tiap episode menghadirkan kisah-kisah yang berbeda, anggap saja seperti film mini yang berdiri sendiri. Siap-siap bergidik ngeri saat menyaksikan episode pertama dari season 3 yang rasanya tidak begitu jauh dari keadaan yang terjadi di sekitar kita saat ini.

Seri ini diproduksi oleh Zeppotron untuk Endemol. Mengenai isi dan struktur program, setiap episode akan diperankan oleh aktor yang berbeda, latar yang berbeda, bahkan dunia yang berbeda. Namun demikian, kisahnya sesuai dengan zaman yang kita alami sekarang dan zaman yang akan kita alami 10 menit mendatang apabila kita ceroboh.

Photo Source: http://variety.com

Black Mirror mendapat banyak pujian dan mulai mendapat perhatian di luar Britania Raya (terutama di Amerika Serikat) setelah Netflix memasukkan serial ini sejak tahun 2015. Skor yang sangat tinggi didapatnya di Rotten Tomatoes dan IMDb. Bahkan Stephen King menyatakan ketertarikannya terhadap serial ini. Pada tahun 2013, Robert Downey, Jr. mengatakan bahwa salah satu episode Black Mirror bisa diangkat ke layar lebar, karena jalan ceritanya yang sangat menarik.

10. Gilmore Girls
Mungkin Gilmore Girls adalah serial paling kaya akan budaya pop yang pernah ada. Anda mungkin akan bersorak gembira saat mengetahui bahwa Gilmore Girls versi ‘dulu’ yang telah berakhir sejak 10 tahun yang lalu di musim ketujuhnya, dilanjutkan dalam bentuk mini seri di Netflix. Kini Anda bisa menyaksikan kembali dinamika asyik antara The Gilmores dalam empat episode yang mewakili empat musim di Amerika, musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin.

Digambarkan plot umum dari cerita ini, yakni tiga generasi yang terdiri dari tiga orang wanita dalam satu kota bernama Stars Hollow. Tiga wanita yang dimaksud tidak lain dan tidak bukan adalah nenek Emily Gilmore (Kelly Bishop), mama Lorelai Gilmore (Lauren Graham), dan sang anak Rory Gilmore (Alexis Bledel).

 

Photo Source: http://www.digitalspy.com

Menyambung dari musim sebelumnya, Gilmore Girls: A Year in the Life kali ini memperlihatkan kelanjutan hidup mereka. Lorelai yang kembali rujuk dengan mantan suami, Luke Danes (Scott Patterson), Rory yang kehilangan pekerjaannya sebagai jurnalis, Emily yang berusaha bangkit setelah ditinggal mati suaminya.

Seperti tujuh season sebelumnya, season terbaru Gilmore Girls akan kembali ditangani oleh Amy Sherman-Palladino dan penulisan ceritanya dibantu oleh sang suami, Daniel Palladino. Jadi tidak sabar ingin menonton.