< Business

3 Bisnis Menjanjikan untuk Generasi Millennial

3 Bisnis Menjanjikan untuk Generasi Millennial

Business

Istilah yang diciptakan oleh dua pakar sejarah Amerika, William Strauss dan Neil Howe, generasi millennial sangat lekat hubungannya dengan gawai, seperti smartphone, tablet, PC, dan tentunya dunia maya. Generasi millennial dinilai lebih suka berwiraswasta untuk mencapai tujuan (goal) hidupnya ketimbang kerja di kantor. Anda termasuk salah satu generasi millennial dengan pola pikir tersebut? Berikut bisnis-bisnis menjanjikan yang dapat Anda geluti untuk menambah pundi-pundi penghasilan.

1. Kafe

photo source: pixabay.com

Saat ini, semakin banyak generasi millennial yang menggeluti bisnis kafe. Pasalnya, kafe menjadi tempat nongkrong favorit banyak anak muda, gaya hidup seperti itu dapat Anda manfaatkan untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Namun, membangun bisnis kafe bukan perkara mudah. Modal kerap menjadi penghambat untuk memulai bisnis. Tapi tidak perlu khawatir, bahkan dengan modal yang terbilang pas-pasan, Anda tetap bisa mencobanya.

Tentukan target pasar sebelum mendirikan usaha (kafe). Setelah mengetahui siapa yang menjadi sasaran Anda, gunakan modal yang Anda miliki untuk memenuhi kebutuhan mereka. Meski minimalis, jika harga makanan terjangkau dan didukung dengan koneksi Wi-Fi, tidak menutup kemungkinan bisnis yang Anda bangun dapat meraup keuntungan.

Triknya, cari lokasi yang ramai dengan harga sewa terjangkau. Perhatikan juga kenyamanan, semakin nyaman suasana kafenya, semakin banyak pula pengunjung berdatangan dan betah berlama-lama. Di samping itu, sajikan juga makanan dan minuman yang inovatif namun memiliki rasa yang pas di lidah. Terakhir, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda.

2. Party Planner

photo source: pixabay.com

Bisnis satu ini bahkan dapat Anda mulai tanpa modal sedikitpun. Tidak dapat dipungkiri jika saat ini bisnis party planner tengah digandrungi generasi millennial. Party planner (perancang pesta) bisa menjadi bisnis menjanjikan terlebih mobilitas masyarakat urban yang tinggi sehingga tidak memiliki waktu untuk mempersiapkan moment bahagia orang-orang tersayang.

Hal penting yang harus diperhatikan saat memulai bisnis tanpa atau minim modal ini adalah bersedia mendengarkan keinginan klien sehingga dapat menyesuaikan dekorasi (tema) sesuai dengan kebutuhan, misal ulang tahun, pesta lepas lajang, pertunangan hingga perayaan hari jadi. Jangan malas untuk mempromosikan bisnis Anda melalui media sosial agar lebih banyak orang yang tahu dan tertarik mencoba.

3. Fotografi

photo source: pixabay.com

Satu lagi, bisnis yang dapat digeluti oleh generasi millennial tanpa mengeluarkan modal sedikitpun. Banyak sekali orang yang menjadikan hobi fotografinya sebagai bisnis menjanjikan. Bahkan, tanpa modal pun Anda dapat menjalani bisnis ini.

Caranya, jika ada permintaan jasa (foto), gunakan uang muka untuk menyewa alat yang Anda butuhkan. Tidak perlu menggunakan alat yang mahal, poin penting yang harus ditanamkan dalam benak Anda adalah konsep yang orisinal dan menarik.

Sebelum mencari calon klien, pastikan Anda memiliki portofolio yang menarik. Kebanyakan orang jauh lebih tertarik untuk menggunakan sebuah jasa fotografi setelah melihat hasil bidikan (karya) secara langsung.