< Tips

3 Cara Cepat Usir Depresi

3 Cara Cepat Usir Depresi

Tips

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, kadang kita menemukan berbagai masalah. Mulai dari masalah ringan, hingga masalah yang bahkan membuat kita merasa depresi. Masalah itu bisa datang dari tekanan pekerjaan, urusan pribadi, sampai masalah keuangan.

Jika Anda adalah salah satu orang yang terus merasa murung dan depresi, berbicara dengan psikolog tentunya bisa membantu. Namun, penelitian yang dilakukan oleh asisten profesor pencegahan medis di Pusat Teknologi Intervensi Perilaku, Northwestern University, Amerika Serikat membuktikan, ada beberapa cara cepat dan mudah untuk mengusir depresi dalam waktu singkat. Apa sajakah itu?

1. Berolahraga
Berolahraga telah terbukti mampu mendongkrak aliran endorfin (senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang) ke otak. Berbagai penelitian yang telah dilakukan mengindikasikan, rasa senang setelah berolahraga bisa bertahan sampai beberapa jam.

Sebuah studi baru yang diungkapkan dalam American Journal of Psychiatry menyatakan, berolahraga selama satu jam ternyata dapat mencegah beberapa kasus depresi untuk berkembang menjadi parah.

2. Berkumpul dengan Teman Lama
Hangout dengan teman sekolah atau mendatangi rumah teman, menghabiskan waktu bersenda gurau dengan teman lama atau sahabat terdekat ternyata bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan mental.

Bertemu dengan teman yang ceria dan periang bisa membantu orang yang sedang depresi ikut merasa senang, menurut sebuah studi Royal Society Open Science.

Bagi pekerja kantoran di kota-kota besar yang lebih banyak menghabiskan waktunya di kantor bergelut dengan pekerjaan yang menumpuk, menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga adalah kegiatan yang mungkin jarang dilakukan. Hal ini sangat mempengaruhi kebahagiaan dan kesehatan mental mereka.

Agar efeknya lebih terasa, disarankan untuk berkumpul dengan teman sambil berolahraga.

3. Membuat Daftar Bersyukur
Membuat catatan berisi hal-hal apa saja yang patut Anda syukuri bisa membantu memperbaiki suasana hati, dan menurunkan risiko depresi. Beberapa pakar menyarankan untuk menulis satu hal yang disyukuri setiap hari. Dan pada akhir pekan, lihatlah kembali apa saja hal-hal yang sudah Anda syukuri, lalu pikirkan hal terbaik apa yang terjadi selama sepekan itu. Hal ini akan membantu Anda untuk terus maju dan bisa melihat segalanya dengan lebih baik. Karena tidak selalu hidup Anda dirundung masalah. Masih banyak hal-hal baik yang terjadi di hidup Anda.