Monday, November 18, 2019
Tips
Tips

3 Cara Memaksimalkan Ulasan Produk untuk Bisnis Online Anda

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
29, October 2019
120

Kualitas produk sudah dipastikan bisa bersaing dengan kompetitor, promosi sudah gencar dilakukan, masih ada satu cara lagi yang bisa Anda lakukan untuk bantu dongkrak penjualan secara daring (online), yakni ulasan (review) pelanggan.

Tidak sedikit pelanggan yang mengatakan dirinya percaya pada ulasan online yang diberikan, selain rekomendasi dari keluarga atau teman. Ulasan-ulasan yang diberikan oleh konsumen yang pernah membeli suatu produk ternyata memiliki pengaruh besar terhadap keputusan calon konsumen yang hendak membeli produk tersebut. Setidaknya, ada tiga cara memaksimalkan ulasan produk untuk bisnis Anda.

1. Sertakan Kolom Komentar dan Gambar

Ulasan tidak hanya terpaku pada pemberian bintang saja. Konsumen lebih percaya terhadap ulasan yang disertai komentar dan gambar. Untuk itu, pastikan Anda menyediakan kolom komentar agar konsumen dapat mengulas produk yang mereka beli secara rinci sekaligus menyertakan foto produk. Dari ulasan tersebut, calon pembeli dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan produk tersebut. 

2. Berikan Pelayanan Terbaik

Semakin banyak ulasan yang diberikan, semakin mudah calon konsumen memutuskan membeli produk tersebut atau tidak. Meminta ulasan pada konsumen memang tidak mudah karena tak jarang konsumen lupa atau enggan memberikan ulasan setelah mendapatkan produk yang mereka beli. Oleh karena itu, sebelum mereka membeli produk Anda baik melalui media sosial, e-commerce, dan sebagainya, Anda wajib memberikan pelayanan terbaik dan tidak mengecewakan. Seperti kata pepatah, “pembeli adalah raja.” Dengan begitu, konsumen akan merasa puas dan tak ragu untuk memberikan ulasan positif.. Selain itu, cara sederhana lain untuk membuat mereka semakin yakin dan nyaman adalah dengan memberikan diskon atau voucher belanja.

3. Merespon Ulasan Negatif dengan Bijak

Anda tentu tidak dapat berharap semua konsumen akan memberikan ulasan yang positif saja. Saat mendapati konsumen memberikan ulasan negatif, jadikan itu sebagai peluang untuk merespon tanpa menjatuhkan konsumen. Ubah kritik menjadi hal yang bermanfaat bagi kelangsungan bisnis Anda ke depannya. Konsumen juga merasa tidak terlalu dikecewakan jika Anda merespon ulasan negatif dengan bijak. Jika Anda berhasil melakukan poin ini, maka calon pelanggan akan melihat loyalitas yang Anda berikan pada konsumen dan yakin untuk membeli produk Anda.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration