< Technology

3 Cara Mengatasi Smartphone yang Tak Sengaja Tersiram Air

3 Cara Mengatasi Smartphone yang Tak Sengaja Tersiram Air

Technology

Insiden smartphone yang tak sengaja tercelup ke dalam air atau ketumpahan air bisa dibilang sering terjadi. Setelah tersiram air, smartphone yang tak tahan air biasanya akan mengalami hang atau bahkan ada yang langsung mati total. Tak jarang, banyak pengguna yang hanya pasrah dan membiarkannya. Padahal ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat menyelamatkan smartphone yang tak sengaja tersiram air. Simak di bawah ini!

1. Matikan Smartphone
Jangan mengira jika smartphone Anda tetap menyala setelah tersiram air berarti tidak ada masalah. Dalam kondisi mati ataupun hidup setelah terguyur air, smartphone tetap harus dimatikan, untuk mencegah terjadinya kerusakan permanen akibat sirkuit pendek.

2. Keringkan Area Luar Smartphone
Gunakan apa saja yang ada di sekitar Anda untuk mengeringkan body smartphone, seperti tisu kering. Lalu goyangkan smartphone Anda, agar air yang masuk melalui celah-celah smartphone dapat keluar.

3. Keringkan Lebih Jauh
Setelah bagian luar dipastikan sudah kering, langkah selanjutnya adalah mengeringkan bagian dalam dengan elemen penyerap kelembaban. Yang paling sering digunakan adalah beras.

Sebenarnya beras bukanlah penyerap kelembaban yang paling baik, namun mudah ditemukan. Opsi lainnya, Anda bisa menggunakan gel silikon (silica gel) yang biasanya ditemukan di dalam kemasan bersamaan barang elektronik baru. Caranya, rendam smartphone pada beras atau gel silikon selama 24 jam. Jika ingin hasil yang maksimal, bersabarlah hingga 48 jam.

Perlu dicatat, cara-cara di atas tak berlaku untuk smartphone yang tercelup di air laut dan soda. Sebab, dua elemen air tersebut sangat cepat membuat karatan pada elemen-elemen elektronik penyusun smartphone. Semoga bermanfaat!