< Business

3 Cara Menghadapi Bisnis yang Sedang Sepi

3 Cara Menghadapi Bisnis yang Sedang Sepi

Business

Siapa saja yang menggeluti dunia bisnis pasti akan mengalami pasang surut penjualan. Jika saat ini bisnis yang Anda jalani sedang sepi pelanggan, mungkin saja karena produk yang Anda jual terlalu mahal harganya atau bisa juga karena pelayanan yang Anda berikan kurang memuaskan. Jangan putus asa dulu! Di bawah ini terdapat 3 cara yang dapat membantu Anda menghadapi bisnis yang sedang sepi. Yuk, disimak!

1. Survei Harga
Anda boleh melakukan survei dengan cara mendatangi toko yang sama dengan yang Anda miliki, dan tanyakan harga jual di toko-toko tersebut. Kemudian bandingkan dengan harga yang Anda jual. Jika ternyata toko Anda menjual lebih mahal, mungkin Anda memang harus menurunkan harga dari produk yang Anda jual.

2. Lakukan Inovasi
Inovasi adalah hal yang penting untuk menghilangkan kejenuhan pasar terhadap suatu produk. Sebagai contoh, jika Anda menjual bisnis makanan, pikirkan inovasi pada rasa atau kemasannya. Jika Anda bisa membuatnya lebih unik lagi, bukan tak mungkin pelanggan yang tadinya kurang tertarik membeli produk Anda justru menjadi pelanggan setia.

3. Pertahankan Kualitas Produk dan Layanan
Pelanggan umumnya mencari produk dengan pelayanan yang berkualitas. Maka dari itu, Anda selaku pemilik usahanya, harus bisa mempertahankan kualitas tersebut. Jika bisnis Anda memiliki kualitas produk dan layanan terbaik, tentunya pelanggan akan senang untuk terus belanja di toko Anda.

4. Merambah ke Pasar Online
Jika Anda ingin produk yang Anda jual diketahui lebih banyak orang, ini saatnya untuk merambah ke pasar online. Buatlah akun sosial media dari usaha yang Anda jalankan dan promosikan produk yang Anda jual di akun tersebut.

Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda!