< Business

3 Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha

3 Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha

Business

Membangun bisnis sendiri mungkin jadi impian banyak orang. Entah sebagai tambahan atau sebagai jalan keluar dari rasa bosan karena harus bekerja di kantor dari pagi hingga malam hari. Sayangnya, bagi sebagian orang, mimpi tersebut harus dikubur dalam-dalam karena kekurangan bahkan tidak ada modal. Berikut 3 cara mudah mendapatkan modal usaha yang mungkin bisa membantu Anda.

1. Pegadaian

Pegadaian merupakan salah satu cara mudah untuk mewujudkan impian Anda memiliki bisnis sendiri. Pegadaian menjadi pilihan tepat bagi Anda yang belum rela menjual barang berharga kesayangan. Memang, menjual barang berharga seperti mobil, motor, perhiasan yang dibeli dari jerih payah sendiri rasanya cukup berat, namun dengan memanfaatkan jasa Pegadaian, Anda hanya perlu kehilangan barang kesayangan dalam jangka waktu yang ditentukan. Prosesnya terbilang cepat, bunga yang ditawarkan pun relatif lebih kecil dibandingkan dengan bank.

2. Pinjam Dana dari Keluarga

Tidak ada salahnya meminjam uang saudara atau sahabat. Jumlah yang didapat mungkin tidak banyak seperti Anda meminjam dari pegadaian, namun pinjaman tersebut biasanya bebas bunga. Meski demikian, jangan lupa beritahu proposal (jika ada) agar mereka paham rencana dan prospek bisnis yang akan Anda tekuni ke depannya.

3. Dana Kemitraan dari Perusahaan Besar

Perusahaan besar seperti PERURI, Pertamina, Telkom memiliki program kemitraan yang dapat Anda manfaatkan sebagai sumber modal. Syaratnya tidaklah berat, biasanya, yang menjadi pertimbangan utama adalah laporan keuangan perusahaan yang akan digunakan oleh perusahaan terkait untuk mengetahui besarnya omzet. Laporan keuangan didasari pada kapasitas Anda dalam mengangsur pinjaman, reputasi bisnis, modal, kondisi bisnis termasuk produk yang ditawarkan dan jaminan.