< Tips

3 Cara Mudah untuk Menabung

3 Cara Mudah untuk Menabung

Tips

Menabung memang sudah diajarkan pada kita sejak kita kecil. Manfaat dari menabung pun sangatlah baik agar kita selalu memiliki cadangan finansial di saat kita membutuhkan. Bagi beberapa orang sulit sekali untuk menabung karena jumlah pengeluaran terkadang lebih besar daripada jumlah pemasukan. Sebenarnya ada cara-cara mudah untuk menabung yang bisa Anda ikuti berikut ini.

1. Jangan Hanya Memiliki Satu Rekening Tabungan
Sebaiknya Anda memiliki tabungan minimal dua rekening, satu rekening khusus untuk menabung dan satu rekening lagi khusus untuk dibelanjakan. Untuk rekening khusus menabung tersebut, Anda dapat memilih rekening tanpa potongan dan jangan membuat kartu ATM demi mengurangi hasrat untuk mengambil uang tabungan.

Sedangkan untuk rekening khusus belanja, Anda boleh mengambil uang di rekening tersebut untuk dibelanjakan sesuai dengan anggaran. Misalkan di setiap Anda gajian, pisahkan sebagian uang dari gaji tersebut untuk dipindahkan ke rekening khusus menabung. Dengan cara tersebut sebagian gaji Anda akan terselamatkan dari pembelanjaan Anda. 

2. Pasang Target Menabung
Untuk pemasukan tiap bulannya, Anda dapat memasang target untuk menabung. Misalkan 50% dari total gaji Anda harus ditabungkan, berarti 50% gaji lainnya boleh Anda belanjakan. Semakin tinggi persentase untuk menabung, semakin baik pula. Apalagi jika jumlah tabungan melebihi dari target menabung Anda, tabungan pun akan semakin banyak. 

3. Jangan Sepelekan Uang Receh
Uang receh seperti Rp100, Rp200, dan Rp500 tetap ada nilainya walaupun jika dilihat per nominal sangat kecil. Namun jika dikumpulkan, lama-lama akan menjadi banyak, lho. Anda bisa membeli celengan khusus uang koin, jadi setiap Anda mendapatkan koin dari kembalian bisa langsung Anda masukkan ke dalam celengan koin tersebut. Jika diisi terus menerus pasti akan bertambah banyak hingga mencapai ratusan ribu bahkan jutaan dan dapat menjadi tambahan untuk tabungan Anda.