< Tips

3 Cara Siasati Ruang Sempit pada Rumah

3 Cara Siasati Ruang Sempit pada Rumah

Tips

Harga lahan yang kian melambung sering kali menjadi hambatan bagi siapa saja yang ingin memiliki rumah yang luas. Namun, hal tersebut janganlah menjadi penghalang untuk Anda yang ingin menata rumah dengan leluasa, sesuai impian.

Keterbatasan ruang kerap memberikan rasa sumpek dan jenuh. Namun, jangan berkecil hati dulu. Meskipun Anda tidak memiliki rumah yang luas, masih ada cara, kok, untuk menyiasati ruangan yang kecil pada rumah agar menjadi tetap nyaman untuk dihuni.

1. Warna Dinding Netral
Warna terang selalu disarankan sebagai alternatif pilihan bagi pemilik rumah dengan lahan yang tidak begitu luas. Warna-warna netral dapat membuat efek luas. Anda bisa menerapkan warna putih, krem, biru muda, atau abu-abu muda.

Pilihan warna ini dapat menghasilkan ilusi mata di mana ruangan terlihat lebih luas dari ukuran aslinya. Kuncinya adalah warna netral tersebut dapat diimbangkan dengan warna lembut agar dapat menciptakan nuansa ruangan yang tepat.

Anda juga dapat menambahkan perpaduan warna lain pada furnitur untuk membuat nuansa tak monoton, Namun, ada baiknya warna plafon disamakan dengan warna dinding.

2. Warna Terang pada Lantai
Gunakan warna terang seperti putih, oranye, atau warna mencolok lainnya pada lantai. Dalam hal ini, lantai kayu atau parket juga diperbolehkan.

Jika ingin menggunakan warna lain selain putih, pastikan cat dinding di rumah Anda berwarna putih. Cara ini akan membuat ruangan tampak luas, meski hanya trik yang dihasilkan dari warna dinding yang terang.

3. Lampu Warna Terang
Ruang sempit cocok dengan warna lampu putih atau warna terang lainnya, karena akan memberikan efek luas pada ruang. Hindari menggunakan lampu berwarna kuning sedikit oranye seperti lampu yang biasa digunakan di jalan raya.

Cahaya dengan warna tersebut justru dapat membuat ruangan terlihat semakin sempit. Lampu berwarna kuning hanya cocok diterapkan di ruangan yang luas. Selamat mencoba!