< Recreation

3 Hal Menarik yang Harus Anda Ketahui Tentang Menara Syahbandar

3 Hal Menarik yang Harus Anda Ketahui Tentang Menara Syahbandar

Recreation Selasa, Rabu, dan Jumat: 09.00

Tahukah Anda, menara miring tidak hanya ada di Italia saja? Ternyata di Indonesia juga terdapat bangunan serupa, yakni Menara Syahbandar yang lokasinya berdekatan dengan Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari. Penasaran seperti apa menara ini? Yuk, baca ulasannya di bawah ini.

1. Kemiringan Terjadi Karena Faktor Tanah
Menara Syahbandar tidak dibuat miring pada awalnya. Kemiringan ini terjadi diperkirakan karena faktor tanah yang kurang kuat menahan beban dari arus lalu lintas tepat di depan menara yang didominasi truk-truk besar. Meski kondisinya miring, namun menara ini tetap aman dinaiki, lho.

2. Menyuguhkan Pemandangan Pelabuhan Sunda Kelapa
Menara Syahbandar hingga saat ini masih menjadi primadona bagi pengunjung yang ingin melihat pemandangan dari ketinggian. Sebab, menara yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter ini menyuguhkan pemandangan Pelabuhan Sunda Kelapa yang terlihat menarik dari atas menara.

Untuk bisa mencapai puncak menara, pengunjung harus menaiki anak tangga bercat merah yang kondisinya juga sudah miring. Meski melelahkan, namun semua itu akan terbayar ketika sudah mencapai puncak menara dengan pemandangan yang memanjakan mata.

Di puncak menara sendiri hanya berupa ruang kosong yang dipenuhi jendela dari beberapa sudut. Karena dulunya Menara Syahbandar digunakan untuk memantau kapal yang datang dari Pelabuhan Sunda Kelapa.

3. Terowongan di Bawah Menara yang Masih Menjadi Misteri
Di bawah Menara Syahbandar terdapat sebuah terowongan yang keberadaannya hingga kini masih memunculkan pertanyaan besar. Benarkah terowongan tersebut dapat tembus hingga mencapai Masjid Istiqlal?

Dalam sebuah buku menyebutkan bahwa terowongan tersebut merupakan jalur bawah tanah yang terhubung dengan Benteng Frederik Hendrik yang kemudian dibongkar dan dibangun menjadi Masjid Istiqlal.

Namun hal itu dibantah oleh Unit Pengelolaan (UP) Dinas Pariwisata. Saat ini, terowongan tersebut sudah ditutup menggunakan pintu besi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dibalik benar atau tidaknya misteri tersebut, Menara Syahbandar tetap layak dan sangat menarik untuk Anda kunjungi.

Address

Penjaringan, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14440


Operational Hours

Selasa, Rabu, dan Jumat: 09.00


SEE MAP