< Tips

3 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Investasi Berlian

3 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Investasi Berlian

Tips

Investasi berlian telah menjadi salah satu investasi favorit selain emas. Sama halnya dengan emas, berlian juga memiliki nilai jual yang tinggi. Jika Anda tertarik dan ingin memulai investasi berlian, simaklah tips-nya berikut ini.

1. Kenali Karakteristik & Perhatikan Sertifikasi Berlian
Menurut https://www.orori.com , berlian memiliki 4 karakteristik yang wajib diketahui, atau dikenal juga dengan istilah 4C yang terdiri dari clarity, color, cut, dan carat.

Clarity adalah kejernihan suatu berlian. Tingkat kejernihan suatu berlian disebut flawless, yang artinya tidak memiliki cacat internal maupun eksternal.

Color adalah warna suatu berlian. Suatu berlian dikatakan mahal apabila warnanya semakin putih atau jernih. Kategori tingkat warna berlian yang paling tinggi adalah D. Sedangkan kategori tingkat berlian yang paling rendah adalah Z.

Cut adalah potongan suatu berlian. Cahaya yang dipantulkan oleh sebuah berlian sangat ditentukan oleh potongan atau irisannya. Semakin berkilau cahaya yang dihasilkan oleh sebuah berlian, tandanya semakin bagus pula potongan berlian tersebut.

Carat adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan berat berlian. Harga berlian akan semakin tinggi apabila memiliki jumlah karat yang semakin besar. Sebaiknya, hindari memecah berlian berkarat besar menjadi beberapa berlian berkarat kecil. Karena hal ini akan membuat harganya turun. Perlu diingat bahwa harga 1 karat berlian lebih mahal daripada empat buah berlian dengan total berat keseluruhan 1 karat.

Sedangkan untuk sertifikasi berlian, pastikan Anda mendapatkan sertifikasi berlian yang dikeluarkan oleh laboratori ternama dunia seperti GIA (Gemological Institute of America), HRD (Hoge Raad voor Diamant), atau IGI (International Gemological Institute).

2. Waktu & Tempat untuk Membeli Berlian
Jika Anda hendak membeli berlian pastikan Anda memiliki dana yang cukup untuk membelinya. Jangan pernah membeli berlian dengan cara mencicil karena Anda akan diberatkan dan dibebani oleh nilai bunga yang harus dibayar.

Pastikan Anda memiliki dana cadangan darurat supaya tidak perlu menjual berlian yang dimiliki dengan harga rendah. Untuk membeli berlian, pastikan Anda membelinya di tempat atau toko perhiasan terpercaya. Karena tidak sedikit berlian palsu yang beredar di pasaran. Jadi cermatlah dalam memilih.

3. Investasi Dalam Bentuk Perhiasan Berlian
Jika Anda memilih investasi dalam bentuk perhiasan berlian, maka hindari pemotongan berlian dengan ukuran kecil-kecil. Sebab hal tersebut akan membuat nilainya merosot tajam. Biasanya suatu berlian nilainya akan menurun hingga 30% apabila dijadikan perhiasan.

Maka dari itu akan lebih menguntungkan apabila Anda membeli dan mengoleksi batunya saja. Karena nilainya akan jauh lebih tinggi. Itulah beberapa tips memulai investasi berlian. Semoga bermanfaat.