< Business Highlights

3 Investasi yang Pas untuk Menjamin Pendidikan Anak

3 Investasi yang Pas untuk Menjamin Pendidikan Anak

Business Highlights

Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan di Indonesia adalah sebuah keharusan. Bahkan menurut beberapa kalangan, pendidikan mencerminkan status seseorang dalam kehidupan bermasyarakat. Untuk itu, orang tua harus mempersiapkan sedini mungkin biaya untuk pendidikan anak-anak mereka.

Namun, bukan hal yang mudah untuk merealisasikannya. Biaya yang dibutuhkan agar anak dapat menempuh seluruh jenjang pendidikan terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan, peningkatannya dapat mencapai 20 persen.

Akan sangat sulit jika para orang tua hanya mengandalkan tabungan. Salah satu cara yang dapat menjamin pendidikan anak adalah dengan melakukan investasi. Ada beberapa pilihan investasi yang dapat diambil untuk menjamin pendidikan anak. Apa sajakah itu? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Logam Mulia
Berinvestasi dengan emas maupun perak sudah menjadi hal yang lazim. Tapi tahukah Anda bahwa cara ini juga dapat digunakan untuk investasi pendidikan? Investasi dengan logam mulia sangat disarankan bagi Anda yang akan membutuhkan dana dalam kurun waktu tiga sampai lima tahun.

2. Deposito
Deposito ternyata juga dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan biaya pendidikan untuk anak di masa yang akan datang. Lain halnya dengan tabungan, Anda tidak dapat mengambil uang sesuai keinginan Anda, tetapi harus menunggu hasil deposito hingga jangka waktu yang telah ditetapkan.

Keuntungan lain berinvestasi lewat deposito adalah bunga yang bisa didapatkan lebih besar daripada tabungan biasa, yakni sekitar enam sampai delapan persen setiap tahunnya.

3. Tabungan Pendidikan Berjangka Waktu
Banyak bank di Indonesia yang menawarkan tabungan jenis ini. Misalnya bank tertentu, menawarkan bunga dengan jumlah yang lebih tinggi dari bank lainnya. Hal ini dapat menjadi sebuah pertimbangan ketika Anda ingin membuka rekening pendidikan.

Sebelum memilih investasi yang pas, usahakan untuk mempertimbangkannya sesuai dengan kemampuan finansial, jangka waktu, dan faktor-faktor lainnya. Alangkah lebih baik lagi jika investasi pendidikan untuk anak dilakukan sejak masih dalam kandungan untuk hasil yang lebih maksimal. Selamat berinvestasi!