< Cafe & Resto

3 Kafe Jamu di Jakarta ini Buktikan Minum Jamu Tak Selalu Kuno

3 Kafe Jamu di Jakarta ini Buktikan Minum Jamu Tak Selalu Kuno

Cafe & Resto

Kafe-kafe yang menyuguhkan kopi atau minuman beralkohol itu biasa. Namun bagaimana jika ada kafe yang menawarkan berbagai jenis jamu sebagai menu andalannya?

Mungkin begitu mendengar kata jamu, kalangan anak muda menganggapnya sebagai minuman kuno dan tradisional. Anggapan tersebut memang ada benarnya, karena jamu merupakan minuman tradisional yang biasanya dijajakan oleh ibu-ibu dengan cara memanggul bakul jamu di punggungnya. Hingga saat ini, Anda masih bisa menemukannya.

Namun, seiring berjalannya waktu, kini jamu mulai diangkat kembali dan dijual dengan cara yang lebih modern. Salah satunya dengan cara membuka kafe jamu. Kafe-kafe ini membuat jamu menjadi semakin menarik tidak hanya bagi para orang tua, tapi juga anak muda. Alasan lainnya juga karena jamu memiliki manfaat bagi kesehatan, lho. Jika Anda penasaran dan merasa tertarik, Anda bisa mendatangi tiga kafe jamu di Jakarta berikut ini.

1. Kafe Miss B. Djadjanan Djamoe Djoes
Kafe yang berlokasi di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan ini resmi dibuka pada tahun 2012 lalu.

Berada di kafe Miss B., Anda akan dibuat nyaman dengan interiornya yang didominasi motif batik klasik. Maklum saja, kafe ini memang ingin menumbuhkan rasa nasionalisme pada jiwa anak muda dengan cara menghargai minuman tradisional khas Indonesia dan batik yang merupakan warisan turun-temurun nenek moyang Indonesia.

Untuk varian jamu yang ditawarkan, Anda bisa memilih jamu Kunyit Asam, Beras Kencur, Wedang Jahe, dan masih banyak lagi. Tentu saja, jamu-jamu ini dibuat dari rempah-rempah alami dan tidak menggunakan tambahan bahan pengawet sedikitpun.

Untuk makanan, kafe Miss B. Djadjanan Djamoe Djoes menyediakan makanan ringan seperti singkong goreng dan pisang goreng, hingga makanan berat seperti spaghetti dan bakso.

Alamat: Jl. Karang Tengah Raya No. 9W, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 16515
Jam Operasional: Senin – Sabtu: 09.00 – 18.00 WIB, Minggu: Tutup
No. Telp: 087878195566
E-Mail: cafemissb@gmail.com

2. Suwe Ora Jamu

Photo Source: https://www.instagram.com/suweorajamu28

Terdapat cerita yang cukup unik dibalik berdirinya kafe jamu ini. Saat itu, sang pemilik, yakni Uwi dan istrinya ingin menikmati jamu. Namun tidak ada satupun toko atau pedagang jamu yang mereka temukan. Akhirnya, mereka memutuskan untuk membuatnya sendiri. Nah, dari sinilah ide untuk membuka kafe jamu dicetuskan.

Pasangan ini sepakat ingin menciptakan tempat minum jamu yang jauh dari kesan kumuh dan ndeso. Nama kafe ini sendiri diambil dari nama lagu daerah, Suwe Ora Jamu yang mengangkat konsep tradisional dan modern sekaligus.

Di sini, Anda bisa menikmati berbagai varian jamu baik yang asli maupun yang sudah ‘dipermak’ menjadi lebih modern namun tetap berkhasiat bagi kesehatan, mulai dari Jamu Linu, Green Tamarin, hingga Jamu Iboe yang merupakan jamu andalan di kafe ini. Sedangkan menu camilan andalan di sini adalah Pisang Goreng Krispi, yakni pisang goreng yang dilengkapi parutan keju dan saus karamel.

Bagi Anda yang ingin menyantap makanan berat, Suwe Ora Jamu juga menyediakan beberapa menu olahan nasi, seperti Nasi Bakar Tandjung Priok yang begitu menggugah selera.

Alamat: Jl. Petogogan I No. 28 B, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12170
Jam Operasional: Senin – Kamis: 15.00 – 00.00 WIB, Jumat – Minggu: 11.00 – 00.00 WIB
No. Telp: (021) 72790590
E-Mail: suweorajamu28@gmail.com
Website: http://www.suweorajamu28.com
Instagram: @suweorajamu28

3. Kedai Bukti Mentjos
Bisa dibilang kafe ini merupakan kafe jamu legendaris karena sudah ada sejak tahun 1950an. Mulai dari jamu bubuk, jamu kapsul, hingga lulur bisa Anda temukan di sini. Sedangkan untuk camilan, Anda bisa menikmati bubur kacang hijau, bubur ayam, atau kolak. 

Sebanyak kurang lebih 60 jenis jamu ditawarkan Kedai Bukti Mentjos yang tentunya berkhasiat bagi kesehatan. Semua jamu di kedai ini, baik bubuk maupun rebusan dibuat sendiri dari resep turun temurun dan menggunakan bahan-bahan alami.

 

Photo Source: http://iradiofm.com/

Berada dekat dengan pusat perkantoran membuat kafe jamu ini hampir selalu ramai pengunjung yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari anak muda hingga orang tua.

Meski lokasinya berada di tengah kota, namun adanya hiasan bunga dan tanaman yang digantung, suara kicauan burung, serta suara ayam bekisar berkokok di halaman kafe, membuat pengunjung seakan terpinggirkan jauh dari hiruk pikuk ibu kota.

Terbukti, kan, minum jamu itu tak selalu kuno?

Alamat: Jl. Salemba Tengah No. 54, Paseban, Senen, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10440
Jam Operasional: Senin – Sabtu: 10.00 – 21.30 WIB, Minggu: Tutup
No. Telp: 0851-0153-8884