< FYI

3 Kesalahan Olahraga yang Biasa Terjadi Saat Bulan Puasa

3 Kesalahan Olahraga yang Biasa Terjadi Saat Bulan Puasa

FYI

Olahraga saat bulan puasa memang dapat menjaga kebugaran tubuh. Namun, tak sedikit yang melakukan kesalahan berolahraga saat bulan puasa dan malah membuat tubuh jadi terasa kurang enak. Ada tiga kesalahan yang umumnya terjadi. Apa sajakah itu? Baca selengkapnya di bawah ini!

1. Olahraga Setelah Berbuka Puasa
Makan dalam porsi banyak membuat tubuh memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencernanya. Anda tidak dianjurkan untuk latihan atau berolahraga 30-60 menit setelah buka puasa. Karena pasti akan mempengaruhi tubuh saat latihan, seperti sakit atau kram. Berikanlah rentang waktu 90 menit atau lebih untuk berolahraga setelah buka puasa dengan porsi yang banyak.

2. Tidak Sahur
Tak sedikit orang yang melewatkan sahur saat bulan puasa. Mereka lebih memilih untuk makan banyak di malam hari dan bangun setelah Subuh. Saat ingin latihan sebelum buka puasa, Anda akan merasa pusing, dan akhirnya tidak kuat karena sudah puasa lebih dari 13 jam. Sahur diperlukan agar orang yang berpuasa bisa kuat menahan lapar dan haus hingga waktunya berbuka tiba. Apalagi bagi mereka yang terbiasa berolahraga.

3. Intensitas Latihan
Bagi orang yang terbiasa berolahraga, tubuh mereka akan terasa kurang enak jika tidak berolahraga. Namun, perlu Anda ketahui bahwa intensitas olahraga di bulan puasa tidak bisa disamakan dengan bulan-bulan lainnya. Tubuh tidak siap, karena masih beradaptasi dengan siklus yang baru. Lakukanlah latihan dengan intensitas ringan atau sewajarnya. Semoga bermanfaat!