< Community

3 Komunitas Yoga di Jakarta

3 Komunitas Yoga di Jakarta

Community

Apakah Anda penggemar yoga? Jika ya, bagaimana jika Anda bergabung dengan komunitas yoga yang ada di Jakarta ini. Mau tahu apa saja?

1. Gudang-Gudang
Di tahun 2008, kumpulan ini bernama Yoga Holic dan bermarkas di sebuah galeri bernama Gudang Gambar yang menjadi tempat mereka berlatih yoga. Saat itu hanya diikuti 10 orang saja. Lalu pada tahun 2014, Mona Jahja dan Anjasmara berinisiatif menjadikannya sebuah komunitas dengan perubahan nama yang sebelumnya Gudang Gambar menjadi Gudang-Gudang. Kini Gudang-Gudang menjelma menjadi komunitas besar dengan  lebih dari 900  anggota.

Untuk menarik banyak anggota, komunitas ini dihuni pelatih yoga yang berasal dari kalangan selebritis. Selain Mona Jahja dan Anjasmara, ada juga Rima Melati, hingga Wanda Hamidah. Masing-masing dari mereka memiliki spesialisasi kelas yoga, seperti Vinyasa, Yoga Wall, Wake Up Yoga, dan masih banyak lagi.

Gudang-Gudang juga memiliki kelas khusus untuk pemula yang bisa diikuti sebelum mengikuti kelas reguler. Tiap kelas di komunitas ini diberi level, agar peserta bisa mengikuti materi yoga dengan baik.

Alamat: Studio Gudang-Gudang, Jl. Kemang Timur Raya No. 88, Bangka, Jakarta Selatan
Syarat Bergabung: Dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 100.000,- untuk tiap kehadiran. Jika ingin lebih hemat, bisa mendaftarkan sebagai anggota tetap dengan biaya sebesar Rp 300.000,- per bulan.
No. Telp:: 021-7180173 atau 0812 1390 8235
Instagram: @gudanggudangyogastudio

2. Yoga Gembira Jakarta
Komunitas ini digagas oleh beberapa orang yang menyukai yoga pada tahun 2009. Agar para anggota tidak merasa bosan, pengajar yang dihadirkan tiap minggunya berbeda-beda. Juga agar para anggota dapat memahami jenis-jenis yoga dan menemukan jenis yoga yang tepat untuk dirinya.

Berawal dari 1-10 anggota, kini sudah ada 100 orang yang bergabung di tiap sesi. Meskipun tidak memungut biaya, Yoga Gembira Jakarta memiliki misi khusus untuk melestarikan yoga sekaligus mengajak anggotanya melakukan aksi sosial. Tiap latihan, di area yoga disediakan kotak donasi. Dana yang terkumpul nantinya akan disumbangkan ke panti asuhan atau korban bencana alam. Salah satu aksi sosial yang pernah dilakukan komunitas ini adalah memberikan hasil donasi untuk Rumah Harapan.

Alamat: Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat
Syarat Bergabung: Cukup membawa peralatan yoga, seperti matras
No. Telp: Akhlis: 0856 8120 383
E-mail: yogagembira@gmail.com
Instagram: @yoga_gembira

3. Yogadogether
Awalnya, Yogadogether merupakan aksi penggalangan dana untuk membantu korban bencana banjir di Banjarnegara tahun 2014. Seiring berjalannya waktu, aksi sosial ini berkembang menjadi kegiatan nonprofit. Beberapa pengajar yoga ternama, seperti Kriswitaluri atau Luri mengadakan kelas yoga gratis bersama komunitas Yogadogether sejak tahun 2015 dengan diikuti 4 orang. Tujuannya, untuk lebih mengenalkan dan memudahkan akses akan olahraga ini kepada masyarakat. Kini, komunitas ini sudah memiliki 120 anggota.

Yang unik dari komunitas ini adalah penyediaan matras gratis. Jadi, jika Anda tertarik dan ingin mencoba, langsung datang saja, tanpa perlu membawa matras. Bahkan, ada juga anggota yang berbaik hati membawa matras lebih dari satu, untuk meminjamkannya ke anggota baru.

Para pengajar di Yogadogether mengajar dengan sukarela, karena mereka memang hanya ingin mengenalkan manfaat yoga ke masyarakat umum.

No. Telp: Dee: 0813 107 575
Instagram: @yogadolivery