< FYI

3 Makanan dan Minuman Khas Jakarta ini Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

3 Makanan dan Minuman Khas Jakarta ini Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

FYI

Anda sedang berlibur di Jakarta dan ingin membeli oleh-oleh khas ibu kota untuk dibagikan kepada kerabat dekat? Kalau begitu, minuman dan makanan ini harus ada dalam daftar oleh-oleh yang akan Anda beli. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Dodol Betawi
Dodol memang menjadi makanan khas di berbagai wilayah di Indonesia, tak terkecuali Jakarta. Dodol yang biasa disebut Dodol Betawi ini memiliki warna cokelat kehitaman yang dibuat dari ketan, gula merah, gula pasir, dan santan. Proses pembuatannya menggunakan tungku dengan kayu bakar yang membuat dodol terasa legit dan unik. Anda bisa mendapatkan penganan manis ini di beberapa toko kue atau pusat oleh-oleh di Jakarta, seperti Dapur Cita Rasa yang berada di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

2. Bir Pletok

Photo Source: http://www.grid.id/

Meski ada kata “bir”, bukan berarti minuman ini adalah minuman beralkohol, lho. Karena begitu minuman ini dituang ke gelas, akan ada buih atau busa yang mirip dengan bir, maka orang Betawi pun menyebutnya bir pletok.

Bir pletok justru terbuat dari campuran rempah-rempah, seperti jahe, daun pandan, hingga serai yang membuat sensasi hangat dan wangi yang khas. Minuman ini bisa Anda beli di kampung wisata Betawi seperti Setu Babakan.

3. Kembang Goyang
Satu lagi makanan khas Jakarta yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Dinamakan Kembang Goyang karena bentuknya menyerupai kelopak bunga atau kembang dan proses pembuatannya dengan cara digoyang-goyang hingga adonan terlepas dari cetakan.

Photo Source: http://mangcook.com/

Makanan dengan tekstur renyah ini terbuat dari gula halus, tepung beras, tepung sagu, dan santan. Meski sudah mulai jarang ditemukan, namun masih ada beberapa toko kue atau pusat oleh-oleh di Jakarta yang menjual kembang goyang. Bagaimana? Anda tertarik membelinya untuk dijadikan oleh-oleh?