< Marketing

3 Manfaat Melakukan Pemasaran Titip Jual

3 Manfaat Melakukan Pemasaran Titip Jual

Marketing

Konsinyasi atau sistem penjualan dengan menitipkan produk ke toko lain dengan sistem bagi hasil adalah salah satu cara penjualan yang sering dipakai oleh pebisnis pemula.

Bagi Anda yang tertarik menitipkan barang ke toko lain ataupun menjual barang yang diproduksi oleh orang lain di toko Anda, simak manfaat dari sistem konsinyasi di bawah ini!

1. Saling Menguntungkan
Yup, pembuat produk maupun toko yang menjadi tempat titip jual akan sama-sama mendapat keuntungan. Apalagi kalau tempat titip jual tersebut sudah sangat dikenal masyarakat.

Pembuat produk jadi bisa memasarkan produk tersebut ke orang banyak dengan modal yang lebih sedikit dibanding ia mengusahakan pemasarannya sendiri dari nol. Dan bagi tempat yang dititipkan juga bisa mendapat untung tanpa mengeluarkan modal. Win-win solution, right?

Photo source: http://www.flickr.com

2. Meminimalisir Kerugian Pemilik Toko
Pemilik toko tak perlu khawatir dengan kerugian yang dialami jika produk tersebut tidak laku dijual. Pemilik toko pun bisa mengembalikan produk ke produsen dan menukarnya dengan produk lain.

Karena itu jika Anda sebagai pemilik toko, Anda juga perlu cermat dalam memilih produk yang akan dijual, apakah produk tersebut mempunyai prospek besar atau tidak. Dan jika Anda sebagai produsen, pintar-pintarlah meyakinan pemilik toko akan kualitas barang Anda, ya.

3. Pemasaran Akan Lancar Jika Cerdik
Benar sekali, semakin Anda cermat dalam memilih pemilik toko ataupun barang yang akan dijual, kelancaran usaha Anda tak perlu diragukan lagi.

Sedikit tips kalau Anda sebagai produsen, pilihlah pemilik toko yang terpercaya agar terhindar dari telatnya penyetoran ataupun jenis tipu daya lainnya.

Tak jarang juga ada pemilik toko yang lupa kalau ada barang yang dititipkan, lho. Jadi kalau Anda memilih sistem ini, sebaiknya Anda telah membuat perjanjian ‘hitam di atas putih’ dulu, ya, agar lebih meyakinkan kedua pihak, bisa dipertanggungjawabkan, dan tentunya bisa saling menguntungkan. Good luck!