< Recreation

3 Masjid di Jakarta dengan Arsitektur Indah yang Harus Anda Kunjungi

3 Masjid di Jakarta dengan Arsitektur Indah yang Harus Anda Kunjungi

Recreation

Berkunjung ke masjid menjadi salah satu wisata religi yang menyenangkan, apalagi jika dilakukan saat bulan Ramadan seperti sekarang ini. Bagi Anda yang ingin mengunjungi masjid-masjid di Jakarta, mungkin yang ada di benak Anda adalah Masjid Istiqlal. Selain Istiqlal, masih ada beberapa masjid dengan desain arsitektur yang sangat menarik, lho. Apa sajakah itu? Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

1. Masjid Agung Al Azhar
Terletak di kawasan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, membuat masjid ini mudah diakses. Nuansa arsitektur khas Timur Tengah begitu terasa dengan kemegahan fondasi dan dominasi warna putih. Masjid yang berdiri di atas lahan seluas 43.756 m² ini sebelumnya memiliki nama Masjid Agung Kebayoran Baru. Beberapa kegiatan seperti majelis taklim hingga studi Islam sering diadakan di masjid ini, sehingga selain berwisata, Anda juga mendapatkan edukasi mengenai agama Islam lebih mendalam.

Alamat: Jl. Sisingamangaraja, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12110

2. Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman

Photo Source: http://www.aktual.com/

Tahukah Anda jika di kawasan Casablanca, Menteng Dalam terdapat sebuah masjid yang sering disebut sebagai Masjid Perahu? Sebenarnya bentuk bangunan masjid ini hampir sama dengan masjid-masjid besar lainnya, hanya saja terdapat bangunan berbentuk perahu yang berdiri di samping masjid tersebut. Bangunan yang terinspirasi dari kisah Nabi Nuh itu merupakan tempat untuk berwudhu. Tak hanya itu, di masjid ini juga terdapat sebuah Alquran kuno raksasa berukuran 2×1,5 meter dengan tebal 30 cm.

Alamat: Jl. Menteng Pulo Raya No.23, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12960

3. Masjid Raya Jakarta Islamic Center
Masjid yang berdiri di atas tanah bekas lokalisasi Kramat Tunggak, Tanjung Priok ini dirancang dengan arsitektur khas Betawi. Masjid Raya Jakarta Islamic Center juga dihiasi menara setinggi 114 meter yang ditafsirkan sesuai dengan jumlah surat dalam Alquran. Masjid ini juga sering digunakan untuk tempat pembelajaran ilmu agama Islam. Yuk, berkunjung ke masjid-masjid di Jakarta!

Photo Source: http://www.gomuslim.co.id/

Alamat: Jl. Kramat Jaya Raya No.1, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14260