< Recreation

3 Pelabuhan ini Siap Antarkan Anda Menuju Pulau-Pulau di Kepuluan Seribu

3 Pelabuhan ini Siap Antarkan Anda Menuju Pulau-Pulau di Kepuluan Seribu

Recreation

Anda berencana liburan ke Kepulauan Seribu? Ada banyak jenis kapal yang bisa Anda tumpangi, mulai dari kapal kayu hingga kapal cepat dengan segala keistimewaannya. Lokasi keberangkatan pun ada beberapa yang bisa Anda pilih, seperti Muara Angke, Muara Kamal, atau Marina Ancol. Ingin tahu seperti apa perbedaan tiga pelabuhan tersebut? Berikut ulasannya!

1. Muara Angke
Di Muara Angke sendiri terdapat dua pelabuhan yang bisa Anda pilih, yakni pelabuhan lama dan pelabuhan baru atau Kali Adem. 

Di pelabuhan lama, jenis kapal yang tersedia adalah kapal kayu. Kapal ini tersedia setiap hari dengan waktu keberangkatan pukul 07.00 WIB. Rute kapal yang tersedia di pelabuhan ini antara lain, Pulau Pramuka, Pulau Untung Jawa, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Tidung, Pulau Pari dan Pulau Panggang. Tarif yang diberlakukan sekitar Rp30.000 per orang.

Sedangkan di Pelabuhan Kali Adem biasanya menyediakan jenis kapal kerapu untuk mengangkut penumpangnya. Kapal-kapal ini tersedia dalam dua waktu, yakni pukul 07.00 dan 13.00 WIB.

Ada beberapa lintasan yang dilalui kapal dari Kali Adem, Kapal yang berlayar melalui lintasan dua melayani tujuan Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Pramuka, dan Pulau Kelapa (PP).

Lintasan tiga melayani tujuan Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang, dan Pulau Payung (PP).

Lintasan terakhir adalah lintasan empat. Melalui lintasan ini Anda akan diantar menuju Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang, Pulau Pari, dan Pulau Pramuka (PP).

2. Pelabuhan Muara Kamal

Photo Source: https://www.tempo.co/

Pelabuhan yang berada di kawasan Penjaringan ini akan mengantarkan Anda menuju Pulau Cipir, Pulau Kelor, dan Pulau Onrust. Jika Anda datang bersama rombongan, Anda bisa menyewa kapal dengan harga sekitar Rp75.000 per orang. Waktu tempuh yang tidak sampai satu jam membuat ketiga pulau tersebut menjadi tujuan favorit untuk melakukan one day trip.

3. Dermaga Marina Ancol
Untuk Anda yang ingin lebih cepat sampai tujuan, Anda bisa menaiki kapal cepat melalui dermaga ini. Kapal ini tersedia mulai pukul 08.00 WIB dengan tujuan Pulau Untung Jawa, Pulau Pramuka, Pulau Bidadari, Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Tidung, dan Pulau Pari.

Salah satu kapal yang berangkat dari Marina Ancol adalah kapal tujuan Pulau Bidadari dengan tarif Rp300.000,- per orang. Anda bisa menaiki kapal ini pada pukul 11.00 WIB dan kembali menuju Ancol pada pukul 18.00 WIB. Namun, Anda diharuskan untuk booking tiga hari sebelum hari keberangkatan. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit saja.

Ada juga kapal yang bisa Anda sewa. Kapal sewaan ini cocok untuk Anda yang ingin liburan bersama rombongan. Beberapa jenis kapal yang disewakan adalah KM Miss Lee dengan kapasitas 35 orang penumpang. Harga sewanya berkisar antara Rp1,4 hingga 12 juta per kapal tergantung tujuan.

Photo Source: http://www.pulauseribuindonesia.com/

Kapal yang bisa disewa ini biasanya memiliki fasilitas yang dapat membuat nyaman para penumpangnya, seperti ruangan berAC, toilet yang bersih, sofa, hingga TV LCD.

Jadi, sudahkah Anda menentukan pilihan ingin berangkat melalui pelabuhan yang mana?