Wednesday, May 22, 2019
Business
Business

3 Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Penginapan

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
11, March 2019
289

Di zaman sekarang ini, memiliki usaha sampingan menjadi suatu keharusan. Ada banyak peluang untuk dijadikan lahan bisnis, salah satunya usaha penginapan, terutama bagi Anda yang memiliki rumah tidak terpakai.

Meskipun di Jakarta terdapat banyak sekali penginapan, nyatanya permintaan pasar membuat usaha ini masih memiliki peluang cukup baik untuk mendatangkan pendapatan lebih besar. Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membuka usaha penginapan adalah lokasi. Apakah lokasi bangunan atau rumah yang akan dijadikan penginapan strategis atau tidak.

Kedua, tentukan jenis penginapan berdasarkan target pasar. Jika targetnya adalah orang-orang yang hanya butuh tempat istirahat dan tidak terlalu mempertimbangkan fasilitas, seperti mahasiswa atau pekerja kantoran, maka tidak perlu mempertimbangkan fasilitas layaknya bed & breakfast (kamar dan layanan sarapan pagi). Yang menjadi fokus pertimbangannya adalah lokasi, kebersihan, perabotan standar, seperti kasur, lemari, meja dan kursi, akses Wi-Fi dan area parkir. Namun, jika targetnya adalah wisatawan individual, pebinsis atau yang butuh tinggal dalam waktu lama di Jakarta, Anda dapat menawarkan konsep bed & breakfast, penginapan yang menyediakan sarapan bagi tamu.

Ketiga, sukses tidaknya usaha penginapan yang Anda tekuni bergantung pada strategi promosi. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai tempat promosi. Buat promosi semenarik mungkin untuk meningkatkan okupansi penginapan. Jika konsep yang Anda tawarkan merupakan bed & breakfast, Anda bisa menarik minat dengan promo khusus weekend, 3 Days 2 Night atau off season.

 

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration