< Marketing

3 Strategi Marketing Terbaik untuk Bisnis Kecil

3 Strategi Marketing Terbaik untuk Bisnis Kecil

Marketing

Memulai bisnis baru terkadang membingungkan bagaimana caranya menarik konsumen untuk produk Anda. Budget yang terbatas dan kurangnya sumber penghasilan dapat menjadi penghalang. Ada beberapa strategi marketing yang menjadi favorit para pebisnis pemula yang dapat Anda ikuti, simak artikel berikut ini.

1. Media Sosial
Di era global ini, hampir setiap orang memiliki media sosial. Tak sedikit yang memiliki beberapa akun media sosial dalam waktu yang bersamaan. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk dapat menarik konsumen. Bila bisnis Anda belum memiliki media sosial, mulailah untuk membuat akun.

Menurut CMO HubSpot, Mike Volpe, sosial media memiliki pengaruh yang lebih besar daripada pemasaran melalui pameran dagang, telemarketing, ataupun direct mail. Pilihlah media sosial yang sesuai dengan target pasar Anda, dan mulailah berinteraksi dengan para pengguna agar produk Anda lebih mendapat perhatian dari pasar. 

2. Blog
Membuat blog dapat meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) bisnis Anda. Buatlah posting-an blog yang berkaitan dengan bisnis Anda. Dengan setidaknya menulis dua posting-an dalam seminggu, website Anda akan lebih mudah ditemukan di search engine. Dengan membuat posting-an blog yang informatif, para pembaca akan lebih suka mengunjungi website Anda. Buatlah menu blog di dalam website Anda, sehingga pengunjung bisa sambil melihat produk Anda pada saat mengunjungi laman blog Anda. 

3. Pay-per-Click/Google AdWords
Strategi ini belakangan menjadi favorit para pebisnis karena dinilai memiliki pengaruh yang besar. Pay-per-click dimaksudkan pemilik website akan menerima bayaran pada setiap saat pengunjung situs meng-klik iklan yang ditampilkan. Sedangkan untuk Google AdWords adalah sebuah program beriklan dari Google di mana Anda menentukan kata kunci ad words untuk website Anda. Pada saat seseorang mengetik kata kunci tersebut, Google akan mengarahkannya pada website Anda. Keduanya menguntungkan, bukan? Saat ini ada banyak perusahaan periklanan yang menyediakan layanan ini.