< Tips

3 Teknik Pernapasan yang Bisa Membuat Tubuh Lebih Sehat

3 Teknik Pernapasan yang Bisa Membuat Tubuh Lebih Sehat

Tips

Agar seluruh fungsi sel dalam tubuh bekerja dengan baik, maka dibutuhkan oksigen yang tersalurkan dengan teratur. Ada beberapa teknik pernapasan yang diketahui dapat membantu memaksimalkan penyebaran oksigen secara teratur ke seluruh tubuh. Masing-masing teknik ini harus dilakukan secara rutin sebanyak 10 hingga 15 kali di waktu senggang Anda. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 3 teknik pernapasan yang dapat membuat tubuh lebih sehat.

1. Pernapasan Hidung
Saat Anda dalam posisi duduk santai atau duduk sila dan punggung tegak, tutup dan tekan salah satu lubang hidung dengan jempol. Lalu tarik dan buang napas dari lubang hidung yang terbuka. Lakukan cara ini secara bergantian. Latihan ini dipercaya dapat membuat tubuh dan pikiran Anda tenang. Otot-otot pada tubuh pun jadi lebih rileks.

2. Pernapasan Dada
Teknik pernapasan dada atau yang juga dikenal dengan teknik pernapasan diafragma adalah teknik menyimpan udara di dada (biasanya dengan membuat dada naik turun secara teratur). Manfaat yang bisa didapatkan dari teknik pernapasan ini adalah Anda bisa memperkuat otot paru-paru, mengurangi penyakit asma, dan infeksi saluran pernapasan.

3. Pernapasan Perut (Abdominal)
Teknik pernapasan ini dilakukan dengan cara menyimpan udara di rongga perut kemudian melepaskannya melalui mulut secara teratur. Cara ini diakui dapat meringankan gejala mual dan ganggguan pencernaan lainnya. Teknik pernapasan perut juga mampu mengoptimalkan proses metabolisme dalam tubuh dan mengendalikan nafsu makan.

Cobalah lakukan 3 teknik pernapasan tersebut di waktu senggang Anda, dan rasakan manfaatnya!