Wednesday, May 22, 2019
Recreation
Recreation

3 Tempat ini Cocok Untuk yang Hobi Baca Buku

Spectr News Theme Isny Dewi R.
11, January 2019
605

Meski terkenal akan kesemrawutannya, Jakarta juga memiliki beberapa tempat yang tenang lengkap dengan banyaknya koleksi buku. Berikut adalah tempat-tempat di Jakarta yang patut dikunjungi bagi Anda yang hobi membaca buku.

1. OMAH Library
Jika Anda hobi membaca buku arsitektur, On Meeting Architecture Hub (OMAH) Library bisa menjadi tujuan yang tepat untuk Anda. Perpustakaan yang didirikan pada tahun 2014 oleh arsitek Realrich Sjarief ini bertujuan untuk membantu arsitek pemula, atau mereka yang tertarik pada subjek, mengakses informasi tentang arsitektur di Indonesia.

Ada sekitar 1.500 koleksi buku yang tersimpan di sini, dengan 10 kategori sebagai fokus utama yang berhubungan dengan arsitektur, seperti monograf arsitektur, studi kasus dan teori. OMAH Library juga mengoleksi genre buku lain, seperti filsafat dan fiksi. Sebagian besar buku tersebut hadir dalam bahasa Inggris, namun ada juga buku berbahasa Indonesia. Buku-buku tersebut hanya dapat dibaca di dalam perpustakaan dan tidak perlu mendaftar atau membayar untuk masuk dan membaca. 

OMAH memiliki tujuh program utama, yaitu Learning from the Master, Bittersweet in Design Experience, Book Discussion, Sounds of OMAH, Public Lecture, Architecture Pilgrimage Trip, dan Brownbag. Bittersweet in Design Experience misalnya, adalah diskusi dengan arsitek lokal dan regional tentang dunia arsitektur di Indonesia, sedangkan Architecture Pilgrimage Trip adalah kegiatan open trip di mana peserta akan diajak mengunjungi karya arsitektur dan membahasnya.

Jika Anda ingin mengunjungi perpustakaan, disarankan untuk mengunjunginya di akhir pekan atau menelepon terlebih dulu karena OMAH Library berada di dalam kediaman pribadi Realrich Sjarief.

OMAH Library
Alamat: Jl. Taman Amarilis 2 F2/15, Taman Villa Meruya, Meruya Utara, Jakarta Barat
Email: omahlibrary.reservation@gmail.com
No. Telp: 021-58908647
Instagram: @omahlibrary

2. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia adalah pusat pengetahuan yang wajib Anda kunjungi di Jakarta. Buku-buku dari berbagai genre, film, teks kuno, atau koran zaman dulu bisa Anda temukan di sini.


Photo Source: https://www.cnbcindonesia.com

Lantai yang berbeda memiliki bagian yang didedikasikan untuk pokok tertentu. Anak-anak dan orang tua, misalnya, dapat mengunjungi lantai tujuh karena memiliki dua ruangan yang didedikasikan untuk mereka. Perpustakaan anak-anak memiliki koleksi buku dan dekorasi warna-warni, sedangkan bagian senior berisi buku-buku tentang kesehatan, serta buku-buku yang menggunakan huruf Braille dapat ditemukan.

Secara umum, orang biasanya berduyun-duyun mengunjungi lantai 21 dan 22 yang menyimpan buku-buku dari beragam genre, mulai dari sastra hingga non-fiksi. Sofa, meja, dan colokan listrik juga terdapat di sini. Perpusnas juga memiliki aplikasi bagi Anda yang ingin meminjam buku elektronik dan membacanya secara offline. Ada juga kategori ePustaka di mana Anda dapat menemukan buku-buku karya Presiden Joko Widodo dan tokoh berpengaruh lainnya di Indonesia. Untuk bisa mengakses ePustaka, Anda harus mendaftar terlebih dulu.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Website: https://www.perpusnas.go.id
Alamat: Jl. Medan Merdeka Selatan No.11, Jakarta Pusat
Jam buka: Senin - Kamis 08.30 - 18.00, Jumat 09.00 - 18.00 WIB, Sabtu & Minggu 09.00 - 16.00 WIB
Email: info@perpusnas.go.id
Instagram: @perpusnas.go.id

3. Rimba Baca
Mengadopsi perpustakaan keluarga sebagai konsepnya, Rimba Baca berisi buku anak-anak di lantai satu dan buku dewasa di lantai dua. Mereka yang memasuki perpustakaan harus melepas sepatu mereka.


Photo Source: http://rimbabaca.com/v02/ind 

Lantai pertama adalah rumah bagi buku anak-anak hingga umur 12 tahun. Buku-buku tersebut bertemakan mulai dari buku kegiatan dan ensiklopedi hingga karya fiksi. Sebagian besar buku-buku tersebut berbahasa Inggris, tetapi ada juga karya-karya dalam bahasa Indonesia dan bahasa lainnya, termasuk Jepang, Korea, India, dan Cina. Keluarga kebanyakan datang saat akhir pekan. Perpustakaan ini juga dilengkapi ruang seni tempat anak-anak dapat belajar menggambar dan mengekspresikan diri se-kreatif mungkin.

Lantai kedua adalah untuk buku-buku dewasa dari berbagai genre, termasuk fiksi, agama, desain, mengasuh anak, komik dan biografi. Buku-buku di sini sebagian besar dalam bahasa Inggris, meskipun ada bagian khusus untuk buku dan komik Indonesia. Pengunjung dapat membaca di lantai, di kursi atau di sofa.

Anda dapat masuk ke perpustakaan di Jakarta ini dengan membayar biaya keanggotaan atau non-keanggotaan. Untuk biaya non-keanggotaan, biayanya Rp 30.000 per anak dan Rp 50.000 untuk orang dewasa yang menemani mereka. Sedangkan orang dewasa yang datang tanpa anak dan memilih untuk langsung menuju ke lantai dua, cukup membayar Rp 30.000. Pengunjung tidak diperbolehkan meminjam buku.

Dengan program keanggotaan, Anda dapat bergabung dengan mengisi formulir dan membayar biaya administrasi sebesar Rp 375.000 untuk keluarga, semua anggota keluarga dapat mengunjungi perpustakaan kapan saja dan meminjam buku untuk jangka waktu maksimum dua minggu. Rimba Baca juga menawarkan banyak kegiatan, seperti seminar untuk orang tua dan lokakarya.

Rimba Baca
Website: http://rimbabaca.com/v02/ind
Alamat: Jl. RSPP No. 21B, Cilandak, Jakarta Selatan
No. Telp: 62 21 7664517 / WA: 0878 0001 8555
Instagram: @rimbabaca

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration