< Tips

3 Tips Membuat CV yang Menarik

3 Tips Membuat CV yang Menarik

Tips

CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup merupakan hal terpenting yang harus Anda buat saat memutuskan ingin melamar pekerjaan. Karena itulah Anda harus mampu membuat CV yang dapat menggambarkan seluruh kepribadian dan pengalaman bekerja, hingga akhirnya membuat perusahaan yang Anda lamar tertarik merekrut Anda. Lalu, bagaimana caranya membuat CV yang menarik?

1. Singkat dan Berisi
Meski sudah menyimpan banyak pengalaman bekerja, namun Anda tak perlu membuat CV terlalu panjang atau hingga lebih dari dua halaman. Dikutip dari Lifehack, CV yang baik adalah CV yang ditulis singkat cukup satu halaman, namun tetap dapat menjelaskan apa saja kelebihan dan pengalaman yang Anda miliki.

2. Jelaskan Pengalaman Kerja yang Paling Menonjol
Jika Anda sudah memiliki pengalaman bekerja, tidak perlu juga menyantumkan semua kemampuan Anda dalam CV. Tunjukkan saja yang paling menonjol dan sesuai dengan posisi yang Anda incar. Dengan cara ini, Anda akan terlihat sudah terbiasa dan ahli dalam pekerjaan tersebut.

3. Sertakan Portofolio
Bagi perusahaan yang bergerak di industri kreatif, biasanya lebih menyukai CV yang disertai portofolio. Contohnya, jika Anda melamar pekerjaan sebagai seorang fotografer, sertakan pula hasil foto terbaik Anda. Atau jika Anda melamar sebagai graphic designer, lampirkan contoh desain yang pernah Anda buat. Selamat mencoba!