< Marketing

3 Tips Menulis Caption Instagram untuk Bisnis

3 Tips Menulis Caption Instagram untuk Bisnis

Marketing

Instagram tak hanya sekadar platform visual. Kata-kata memiliki kekuatan untuk memberikan informasi lengkap kepada pengikut Anda tentang apa yang mereka lihat, dengan memperkaya pengalaman mereka melalui kata-kata atau caption. Kata-kata memiliki kemampuan untuk menjaga hubungan baik antara Anda dengan audiens Anda, serta membangun koneksi dengan mereka. Tanpa caption yang tepat, postingan Anda hanya sekadar memenuhi timeline saja.

Jadi apa yang seharusnya ditulis dan bagaimana cara menghasilkan kata-kata untuk dijadikan caption? Berikut tips-nya.

1. Bangunlah Narasi
Mana yang lebih menggetarkan? Daftar bahan untuk es krim yang dipasangkan dengan gambar es krim atau cerita tentang bagaimana seorang ayah membawa gadis kecilnya ke sebuah van es krim untuk mendapatkan es krim favorit-nya?

Jadi, jika sewaktu-waktu Anda kehilangan kata-kata, bangunlah narasi yang berhubungan dengan foto yang Anda posting. Sebagai contoh, jika Anda berkecimpung di industri kue pernikahan, daripada menuliskan tentang rasa kue, dan betapa indahnya kue tersebut, bahaslah lebih dalam dan ceritakan, mengapa rasa itu yang dipilih. Apakah karena rasa tersebut memiliki arti khusus bagi sang calon pengantin? Atau apakah ada hal menarik yang terjadi selama mereka konsultasi hingga akhirnya memilih kue tersebut?

2. Lebih Personal
Sebagai manusia, kita semua pasti mendambakan hubungan, itulah cara kita terikat secara inheren. Oleh karena itu, jika Anda merasa cocok dan nyaman, tulislah sesuatu yang bersifat pribadi dan buatlah sejujur mungkin! Misalnya tentang kemenangan, pemikiran, perjuangan atau perasaan Anda akan suatu hal.

3. Terkadang, Sedikit Itu Lebih Baik
Jika Anda memiliki foto dengan pesan tersirat yang sangat kuat, Anda tidak perlu menulis caption terlalu panjang! Tak masalah jika Anda hanya sekadar menggunakan emoji atau bahkan hanya sebuah kata pun dapat membuat posting-an Anda lebih menarik.

Sebagai catatan, untuk posting di feed, hanya tiga baris pertama dari kolom caption yang akan ditampilkan. Untuk teks yang lebih panjang, orang harus mengetuk "More" untuk membaca lebih lengkap. Jika Anda ingin seluruh caption Anda ditampilkan, Instagram merekomendasikan untuk menggunakan 125 karakter atau kurang.