Sunday, September 15, 2019
Shopping
Shopping

3 Toko Ramah Lingkungan di Jakarta

Spectr News Theme Isny Dewi R.
16, August 2019
193

Saat ini, banyak sekali masyarakat yang tengah berusaha meminimalisir penggunaan plastik dalam kegiatan sehari-hari untuk membantu melestarikan lingkungan. Hal itu pula lah yang diterapkan oleh beberapa toko di Jakarta yang mengusung konsep zero waste.

Zero waste sendiri merupakan cara untuk meminimalisir sampah dan mengurangi kemungkinan makanan akan terbuang. Zero waste store juga menggunakan alternatif lain untuk menggantikan plastik sebagai wadah. Mau tahu toko mana saja yang mengusung konsep tersebut? Ini ulasannya.

1. Naked Inc.
Terletak di Como Park, Kemang, lokasi Naked Inc. memang agak tersembunyi dan tidak begitu luas,namun toko ini menawarkan berbagai kebutuhan sehari-hari yang cukup lengkap. Di sini, Anda bisa sekadar membeli snack, pasta, bumbu dapur, kacang-kacangan, aneka minyak, hingga produk homemade essentials seperti sabun mandi, sampo, sabun cuci, dan deodoran.

Semua barang yang dijual di Naked Inc dijamin aman untuk kesehatan, karena dibuat tanpa bahan pengawet, pewarna, dan perasa buatan.Selain itu, toko zero waste di Jakarta ini juga turut mendukung produk lokal. Barang-barang yang dijual di sini didapat dari produsen lokal yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Keren!


Photo Source: @nakedincjkt

Untuk Anda yang belum pernah belanja di toko zero waste, tak perlu bingung!  Anda bisa membawa wadah kosong dari rumah. Siapkan juga daftar belanja beserta perkiraan jumlahnya. Saat tiba, Anda bisa langsung mengambil barang-barang yang dibutuhkan. Nantinya, staf Naked Inc. akan menimbang berat wadah yang Anda bawa dan akan diisi dengan barang-barang yang ingin dibeli.

Kemudian, wadah akan ditimbang kembali. Berat wadah setelah diisi akan dikurangi berat wadah sebelum diisi. Hasilnya, berat item yang dibeli akan dikalikan harga per gramnya. Sesuai konsep zero waste, pembeli hanya harus membayar barang berdasarkan hitungan per gram. Bagaimana jika Anda tidak mempunyai wadah atau lupa membawanya? Tenang! Naked Inc. juga menjual wadah kaca dengan harga yang terjangkau.

Naked Inc.
Instagram: @nakedincjkt
Alamat: Como Park Building, Jl. Kemang Tim. 18A No.3, Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari 08.00 – 20.00 WIB

2. The Bulkstore & Co.
The Bulkstore menjual berbagai kebutuhan sehari-hari serba curah, seperti bumbu masak, bahan pangan, sabun, hingga peralatan rumah tangga yang ramah lingkungan. Semua itu dikelompokkan sesuai dengan jenisnya seperti super food (spirulina bubuk), aneka kacang (kacang almond, kacang mede, kacang merah, chickpea), whole grains (lentils, jali kering/dried barley, quinoa), teh hitam, serta garam dan gula (sea salt, pink himalayan sea salt, coconut sugar).

Di sini, Anda juga dapat memborong makanan ringan, cokelat, biji kopi, produk perawatan tubuh (deodoran, sabun mandi, minyak aroma terapi/essential oil, body scrub), produk kerajinan tangan, serta produk peralatan rumah tangga seperti cobek, ulekan, sikat baju, sikat gigi, sedotan stainless steel, menstrual cup, serta wadah yang terbuat dari anyaman.

 
Photo Source: @thebulkstorenco

Sebagai toko ramah lingkungan, The Bulkstore juga tidak menyediakan wadah plastik. Setiap kali datang, staf toko akan menyambut Anda dengan pertanyaan “bawa wadah sendiri?” Ya, untuk berbelanja di toko ini, Anda harus membawa wadah sendiri. Jika tidak ada, Toko zero waste ini menawarkan toples kaca atau kantong berbahan dasar singkong.

The Bulkstore & Co. lahir untuk memperkenalkan gaya hidup sehat, baik untuk manusia maupun untuk bumi. Implementasinya ada pada konsep toko yang tidak mengemas produk dengan plastik, produk serba alami tanpa campuran bahan kimia berbahaya, dan 95% merupakan produk nabati.

The Bulkstore & Co.
Instagram: @thebulkstorenco
Alamat: Jl. Wahid Hasyim Street No.47, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat
No. Telp: 0812 8082 4526
Jam operasional: Setiap hari: 08.30 – 21.30 WIB

3. Saruga Pack Free Store
Sama seperti toko ramah lingkungan lainnya, Saruga Pack Free Store juga tidak menyediakan kantong plastik untuk menaruh barang belanjaan. Jika Anda ingin belanja di sini, pastikan membawa wadah sendiri.

Sebagai zero waste bulk store, Saruga Pack-Free Store menjual berbagai kebutuhan sehari-sehari secara curah, karena itu pula belanja di sini lebih hemat dibanding di supermarket. Di sini Anda bisa membeli bahan-bahan masakan dengan jumlah sesuai yang Anda butuhkan. Anda dapat membeli hanya beberapa gram bumbu dapur, agar tidak ada bumbu yang terbuang sia-sia.


Photo Source: @sarugapackfreestore

Selain menyediakan bahan pangan, Saruga juga menawarkan berbagai produk health care berbahan alami, seperti sampo, sabun, aroma therapy, dan masih banyak lagi. Di sini Anda juga dapat membeli barang-barang ramah lingkungan, seperti sedotan stainless steel yang bisa digunakan untuk mengurangi penggunaan sedotan plastik.

Saruga Pack Free Store
Instagram: @sarugapackfreestore
Alamat: Jl. Taman Bintaro 1, Sektor 1, Pesanggrahan, Jakarta Selatan
No. Telp: 0859-4647-2520
Jam buka: Senin – Sabtu: 09.00 – 19.00, Minggu: 10.00 – 19.00 WIB

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration