Saturday, May 25, 2019
FYI
FYI

3 Trik Berburu Tiket Mudik

Spectr News Theme Isny Dewi R.
13, March 2019
283

Hari Raya Idul Fitri memang masih 3 bulan lagi. Namun, merencanakan mudik Lebaran sebaiknya dilakukan dari jauh-jauh hari. Salah satunya persiapan yang paling penting untuk dilakukan adalah mencari tiket, baik tiket kereta api, bus, kapal atau pesawat. Namun yang paling menjadi primadona dan cepat habisnya adalah tiket kereta api yang kerap dibuka pembeliannya sejak H-90, atau tiga bulan sebelum Lebaran.

Jangan sampai hanya karena kurang persiapan, Anda tak kebagian tiket mudik dan gagal merayakan Lebaran di kampung halaman. Namun, jangan khawatir! Ada tiga tips yang akan membantu Anda mendapatkan tiket mudik dengan harga terbaik. Yuk, simak tips-nya.

1. Cari Saat Tengah Malam
Bagi Anda yang ingin membeli tiket kereta api untuk mudik, maka bersiaplah untuk tidur larut malam. Sebab tiket KA selalu dirilis PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai pukul 00.00 WIB. Jika Anda ketiduran, maka jangan kaget kalau tiket yang Anda incar sudah habis terjual. Sebab, biasanya hanya dalam waktu beberapa jam tiket akan habis terjual.

2. Cek Saat Subuh
Namun, jangan putus asa dulu jika tiket telah dinyatakan habis. Pasalnya, tiket KA bisa muncul lagi setelah tiga atau empat jam. Hal ini biasa terjadi karena perubahan status tiket yang sudah dipesan.

3. Manfaatkan Low Season
Untuk Anda yang akan mudik menggunakan pesawat, beruntung karena Anda tak perlu sesibuk mereka yang mudik menggunakan kereta api. Sebab, meski sudah mendekati Lebaran pun tiket pesawat masih tersedia. Namun resikonya jika membeli tiket pesawat menjelang Lebaran adalah harganya yang melambung tinggi. Jadi, usahakan untuk membeli tiket pesawat jauh-jauh hari. Jika ingin harganya lebih murah, belilah tiket saat low season atau periode rendah permintaan bepergian. Seperti bulan Maret di mana tak banyak orang yang bepergian, sehingga harganya pun lebih murah.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration