< Recreation

3 Wisata Alam di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

3 Wisata Alam di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Recreation

Sebagai penduduk Kota Jakarta, mal dan restoran biasanya dijadikan tempat hiburan yang menarik untuk dikunjungi. Tetapi bila Anda membutuhkan suasana baru sebagai tempat tujuan wisata alam di Jakarta pun ada, lho. Yuk, baca dulu artikel berikut ini!

1. Taman Wisata Alam Mangrove Pantai Indah Kapuk
Keindahan alam masih bisa Anda nikmati di wilayah Jakarta bagian utara ini. Taman Wisata Alam Mangrove dapat Anda akses melalui Pantai Indah Kapuk, tepatnya di belakang Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Di sini terdapat hutan mangrove atau bakau yang sangat luas. Saat Anda berjalan di atas jalan setapak yang terbuat dari hamparan kayu yang dikelilingi pohon-pohon rindang, udara sejuk pun dapat Anda rasakan di sini.

Selain wisata hutan bakaunya, Anda juga bisa berkeliling laut hutan bakau dengan menyewa perahu sambil melihat luasnya hutan bakau. Untuk masuk ke kawasan taman wisata alam ini, orang dewasa dikenakan biaya sebesar Rp25.000 sedangkan untuk anak-anak Rp10.000 saja. Untuk berfoto di sini Anda cukup menggunakan kamera ponsel saja, karena jika membawa kamera akan dikenakan denda yang cukup besar.

Disediakan juga tempat menginap bagi Anda yang ingin menginap di kawasan ini. Pada malam hari, rasanya seperti tidur di tengah hutan, suara hiruk pikuk kota jauh dari tempat ini yang ada hanyalah suara jangkrik.

 

 Photo source: Check In Jakarta doc.

2. Setu Babakan
Di tengah hiruk pikuknya kota, terdapat wisata danau atau setu di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan. Danau ini disebut dengan Setu Babakan. Dikelilingi oleh rumah-rumah khas Betawi, kawasan ini juga menjadi kampung adat Betawi yang disebut juga dengan Kampung Betawi Si Pitung. Dengan area seluas 32 hektar, Anda dapat berwisata di pinggir danau sambil menikmati kuliner khas Betawi, ataupun naik kapal kayuh di danau.

Ketika ada rombongan wisata datang, kampung ini siap menyambut rombongan dengan menampilkan kesenian-kesenian khas Betawi dan juga dapat menunjukkan cara membuat dodol Betawi. Dengan mengunjungi Setu Babakan, Anda dapat berwisata sambil mempelajari budaya Betawi. Selain menjadi tempat wisata, danau di Setu Babakan ini juga masih digunakan masyarakat sekitar untuk mencari ikan. Masyarakat sekitar pun sangat ramah ketika ada penduduk yang berwisata ke daerah mereka. Anda tak perlu ragu jika ada pertanyaan, masyarakat Setu Babakan siap membantu Anda.

 Photo source: Facebook (Kampung Betawi Si Pitung)

3. Kepulauan Seribu
Wilayah Kepulauan Seribu masih menjadi salah satu wilayah DKI Jakarta, walaupun untuk mengakses ke sana dibutuhkan kapal yang dapat berangkat dari Marina Ancol dan Muara Angke. Pantai-pantai di setiap pulau di Kepulauan Seribu masih cukup bersih dan dapat Anda nikmati bagi yang ingin berwisata ke pantai tanpa perlu pergi jauh dari ibu kota. Penduduk di pulau-pulau Kepulauan Seribu menyediakan homestay yang dapat menjadi pilihan Anda untuk menginap.

Anda dapat memilih beberapa kegiatan untuk dilakukan di Kepulauan Seribu seperti snorkeling, mengendarai banana boat, hingga island hopping, yaitu mengunjungi beberapa pulau dalam satu hari. Biasanya wisatawan memilih Pulau Tidung atau Pulau Pari sebagai pulau menginap. Silahkan pilih mana yang mau Anda kunjungi terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mengajak keluarga dan kerabat Anda untuk menikmati wisata alam di Jakarta!

Photo source: www.anekatempatwisata.com