< Tips

4 Bahan Alami yang Ampuh untuk Merawat Kulit Kepala

4 Bahan Alami yang Ampuh untuk Merawat Kulit Kepala

Tips

Kulit kepala menjadi salah satu bagian tubuh yang tak boleh terlewatkan untuk dirawat. Kalau tidak dirawat, tentu akan berbahaya bagi kesehatan. Salah satu masalah yang dapat timbul bila tidak merawat kulit kepala adalah kutu rambut.

Kutu rambut merupakan organisme parasit yang hidup di kepala manusia dengan menghisap darah. Jika terdapat kutu di rambut, orang akan merasakan gatal. Rasa gatal tersebut merupakan reaksi alergi kulit terhadap parasit yang hidup di kulit. Namun jika kulit kepala tidak alergi terhadap kutu rambut, maka tidak akan merasakan gatal.

Tentunya Anda tidak menginginkan ada kutu rambut bersarang di kepala Anda, bukan? Namun jika hal itu terlanjur terjadi, Anda tidak perlu berkecil hati. Ada beberapa bahan alami yang diketahui ampuh dalam membasmi kutu rambut. Apa sajakah itu dan bagaimana cara mengaplikasikannya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Kacang Almond

Photo Source: http://home.allergicchild.com

Kacang almond terbilang ampuh dalam menghilangkan kutu rambut. Caranya dengan merendam 10 buah kacang almond semalaman. Keesokan harinya, kupas almond dari kulit arinya dan tumbuk sampai halus. Tambahkan air perasan lemon, setelah itu oleskan di kepala.

2. Jus Lemon
Kandungan asam yang tinggi pada lemon memiliki manfaat untuk membasmi kutu rambut. Caranya cukup mudah, peraslah satu buah lemon. Kemudian oleskan pada kulit kepala dan berikan pijatan ringan selama 10 menit. Setelah itu, diamkan selama satu jam dan bilas rambut dengan air hangat yang telah dicampur dengan cuka.

3. Minyak Zaitun
Selain dapat memperindah rambut, minyak zaitun juga bermanfaat untuk mengusir kutu rambut. Pertama, Anda harus keramas terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan minyak zaitun sebelum tidur. Pijat kulit kepala agar kandungan yang ada dalam minyak zaitun dapat terserap dengan baik. Diamkan hingga keesokan harinya. Pada pagi hari Anda bisa keramas kembali.

Photo Source: https://tsmc.com.au/

4. Alkohol
Caranya, tuangkan alkohol dengan kadar 70% dalam sebuah baskom. Setelah itu, oleskan alkohol tersebut secara merata pada kulit kepala. Diamkan hingga 30 menit. Setelah itu sisir rambut menggunakan sisir serit, lalu bilaslah rambut dengan air dingin untuk menghilangkan alkohol.

Semoga tips tersebut dapat bermanfaat!