< Tips

4 Cara Efektif Belajar Bahasa Asing

4 Cara Efektif Belajar Bahasa Asing

Tips

Di samping memperkaya wawasan, dengan mempelajari bahasa asing kita dapat melihat dari sudut pandang yang berbeda. Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu ataupun biaya untuk mengikuti khusus di lembaga-lembaga bahasa. Solusinya adalah belajar secara otodidak. Berikut adalah beberapa cara untuk mempelajari bahasa asing dengan efektif:

  1. Berinteraksi dengan orang asing
    Cara terbaik untuk mempelajari sebuah bahasa adalah dengan mempraktikannya. Orang-orang seringkali hanya sekedar mempelajari tata bahasa dan mengafal kata-kata tanpa menerapkannya langsung. Berbicara dengan native speaker akan membuat Anda lebih termotivasi dibanding sekedar membaca buku atau layar monitor.
  1. Mempelajari secara rutin setiap hari
    Banyak orang mengaku telah mempelajari sebuah bahasa selama bertahun-tahun namun tetap tidak lancar menggunakannya. Waktu yang lama bukanlah jaminan. Pembelajaran dan latihan yang rutin merupakan kuncinya. Berkomitmenlah pada diri sendiri dan luangkan beberapa jam setiap harinya. Belajar bahasa memerlukan repetisi. Interval yang terlalu lama akan membuat Anda lupa tentang apa yang sudah dipelajari.
  1. Bawalah kamus setiap saat
    Anda dapat membawa kamus fisik ataupun digital. Hal ini bertujuan agar Anda dapat langsung mengetahui istilah asing setiap waktu. Terlebih lagi jika Anda berbicara dengan orang asing. Dengan membawa kamus, Anda juga dapat memanfaatkan waktu luang untuk mempelajari kosakata baru.
  1. Menonton, membaca, dan mendengarkan
    Paparan bahasa asing dalam berbagai aktivitas akan sangat membantu proses belajar Anda. Anda dapat mencoba untuk menonton serial televisi atau film berbahasa asing tanpa menggunakan subtitle. Membaca sebuah artikel di surat kabar atau majalah juga akan sangat bermanfaat. Akan lebih baik lagi jika Anda mencoba menulis dalam bahasa asing. Mulailah dengan hal-hal sederhana seperti menulis kartu pos atau catatan belanja.