< Technology

4 Cara Jitu Mengatasi Memori Android yang Penuh

4 Cara Jitu Mengatasi Memori Android yang Penuh

Technology

Mendapat notifikasi soal kapasitas memori smartphone yang sudah penuh adalah salah satu hal yang cukup menjengkelkan. Apalagi jika notifikasi itu muncul saat Anda sedang menggunakan smartphone Anda untuk mengabadikan momen penting.

Anda bisa saja mengatasinya dengan cara menambah kapasitas memori eksternal. Tapi bagaimana jika memori eksternal juga penuh? Tenang saja! Ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk memberikan ruang yang lebih luas pada memori smartphone Anda, khususnya Android. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Hapus Cache
Hapus cache dan data pada aplikasi. Langkah ini pas untuk Anda yang tidak ingin mencopot satupun aplikasi di smartphone Anda.

Pergi ke menu "Settings" di smartphone Anda, lalu pilih "Storage", kemudian "Apps". Anda akan menemukan opsi "Clear Data and Clear Cache". Di bagian ini, Anda juga dapat melihat berapa banyak cache dan database suatu aplikasi.

Setelah Anda menghapus cache dan database, aplikasi akan kembali berjalan seperti pertama kali Anda menginstalnya. Misalnya pada Facebook, Anda akan otomatis keluar atau log out setelah menghapus cache dan database. Atau jika pada WhatsApp, seluruh chat yang ada akan hilang beserta data yang pernah dikirimkan melalui chat tersebut.

2. Sinkronisasikan ke Cloud
Bagi Anda yang hobi memotret dan merekam video lewat smartphone, perlu diketahui bahwa dua konten itu cukup banyak memakan memori. Jika Anda enggan menghapus satupun foto dan video, opsi yang bisa dilakukan adalah menyinkronkan konten-konten tersebut ke cloud. Untuk Android, salah satu layanan cloud yang ditawarkan adalah Google Photos.

Gunakanlah WiFi saat mengunggah file, dikarenakan fitur yang satu ini cukup banyak memakan data internet. Cara sinkronisasinya cukup mudah, pilih menu "Settings" lalu pilih "Backup & Sync". Selanjutnya, klik pilihan "Free up space" untuk menghapus foto dan video di galeri yang sudah disalin ke Google Photos.

3. Hapus Data di Browser
Saat Anda browsing menggunakan smartphone, histori di browser Anda akan memakan banyak memori. Ada baiknya menghapus data di browser secara berkala. Untuk browser Chrome di Android, caranya cukup memilih "Settings", "Privacy", lalu pilih "Clear browsing data". Selanjutnya, centang data apa yang ingin Anda bersihkan. Pilihannya ada history, cookies dan data, cache foto dan file, serta password yang tersimpan.

4. Hapus Film dan Playlist Musik Offline
Cara ini berlaku bagi Anda yang rutin menjajal aplikasi video atau musik on-demand, seperti Netflix atau Spotify. Baru-baru ini Netflix menyediakan opsi untuk menonton film secara offline dengan cara mengunduh konten yang Anda inginkan terlebih dahulu.

Perlu diperhatikan bahwa pengunduhan itu menyebabkan film tersimpan dalam memori smartphone dengan kapasitas yang dapat mencapai hingga 2 GB untuk satu file. Jika Anda banyak mengunduh dan menyimpannya di smartphone, tentu memori akan cepat habis. Sebaiknya langsung hapus film setelah Anda selesai menontonnya. Selamat mencoba!